5 Tips Ampuh Memulai Bisnis Buat Kamu Pebisnis Pemula

Sering kita temui entrepreneurs yang fokus pada permodalan dan idealisme pandangan gres bisnis di awal membangun bisnis. Hal ini terkutip dalam data Index Startup oleh Kauffman di tahun 2017, “Bahwa kebanyakan entrepreneur hanya fokus pada laba yang mampu dihasilkan daripada kebutuhan pasar.”.

Tai Lopez, investor dan salah satu anggota dari The Oracle, memberikan bahwa teknologi masa kini mempermudah proses dari mewujudkan wangsit bisnis menjadi pemasukan. Hanya, ia menegaskan bahwa entrepreneur masa sekarang harus bakir membaca peluang di pasaran. Jangan berfokus pada idealisme menciptakan produk dan melupakan apa yang diharapkan oleh pasar dikala ini. Ia mencontohkan dua perusahaan raksasa Kodak dan Apple. Keduanya memiliki dongeng yang berbeda, Kodak yaitu salah satu perusahaan terbesar dunia namun harus merelakan perusahaan mereka bangkrut di tahun 2012 alasannya ialah tidak terpelajar membaca keinginan pasar. Berbeda dengan Apple, perusahan ini aktif menyebarkan produk mereka berbasis keinginan pasar dan berhasil menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Tai membagikan beberapa tips yang sanggup digunakan oleh entrepreneur:

  • Pilihlah pandangan gres bisnis yang sesuai denganmu

Tai Lopez dilansir dari situs entrepeneurs.com mengatakan “Banyak entrepreneurs tidak bisa menganalisa mengapa bisnis mereka gagal ditengah jalan. Tapi,cobalah selalu melakukan hal yang Anda sukai sebagai pandangan baru bisnis yang akan Anda jalankan. Jangan membangun bisnis dari hal yang tidak kamu sukai.”. Melakukan hal yang Anda sukai sebagai inspirasi berbisnis ialah hal yang paling disarankan. Sebab dengan menjalankan apa yang Anda sukai, Anda akan simpel untuk menemukan alasan untuk terus berjuang menyebarkan perjuangan tersebut.

  • Ikuti tren

Menjadi menarik dikala melihat fenomena banyak entrepreneur pemula yang menghabiskan banyak waktunya hanya untuk memikirkan “ide yang berbeda.”. Padahal, kunci dari sebuah bisnis yaitu kecepatan dalam bertindak. Perlu di ingat bahwa tren mampu diciptakan oleh orang lain atau oleh diri kita sendiri. Tidak ada salahnya bila Anda mengikuti tren yang diciptakan oleh orang lain. Tapi, jikalau hal itu kemudian menciptakan Anda menjadi kebingungan dan kehilangan keunikan Anda, maka mulailah berpikir untuk membuat tren Anda sendiri dengan segera.

  •  Launching secepatnya

Waktu menjadi sangat berharga ketika menjalankan bisnis. Namun, pasti banyak di antara Anda yang berpikir bahwa membangun bisnis di awal membutuhkan waktu persiapan yang panjang. Mulai dari mencari ide bisnis, merinci hal-hal untuk mewujudkan ide tersebut, hingga mencari modal untuk memulainya. Hal ini bisa jadi benar. Tapi, menurut Tai Lopez, kecepatan dalam mengeksekusi ide jauh lebih  penting. Good is almost perfect.

  • Temukan hal yang diharapkan orang disekitar Anda

Melatih kepekaan melihat permasalahan yaitu peran wajib kalau Anda bercita-cita menjadi entrepreneur. Mulailah dengan menanyakan apa yang dibutuhkan oleh orang tua Anda, tetangga ataupun sahabat Anda. Menyelesaikan permasalahan orang lain melalui wangsit bisnis Anda yaitu wangsit brilian untuk mempertahankan keberadaan sebuah bisnis. Yuk, mulai rajin melihat persoalan apa yang bisa kita selesaikan melalui bisnis kita!

  • Gunakan jasa trainer

Mencari pembimbing dari bisnis yang kita minati mampu jadi yaitu solusi sempurna. Tai Lopez menyarankan bila Anda merasa minim modal dan pengalaman dalam berbisnis, cobalah mencari trainer bisnis yang bisa membimbing Anda. Traoner bisnis tidak harus selalu berbayar. Bisa jadi Anda mencarinya melalui podcast bisnis atau video seminar bisnis yang sering kita temukan di YouTube. Selamat mencoba!

 

Sumber gambar : davepix.photoshelter.com/ Thomas Lipoma – entrepreneur engineer inventor NYX Devices – Boston MA

Tinggalkan komentar