5 Poin Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Menginspirasi

5 Poin Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Menginspirasi – Apakah Anda mempunyai kegemaran dalam menulis? Yuk sudah saatnya Anda terjun sebagai penulis yang lebih profesional dengan mengetahui kaidah kepenulisan yang baik dan bermanfaat untuk dibaca.

Kali ini kita akan mengenal ihwal cara-cara menulis artikel yang baik. Namun, sebelum kita memulai membahas tehnik dalam menulis artikel, ada saatnya Anda mengetahui apa itu arti “artikel” semoga Anda memahami citra isi artikel yang akan dibuat nantinya.

Artikel merupakan sebuah karangan pendek yang memiliki kata antara 300 sampai 1000 kata. Dalam artikel membahas suatu tema yang bertujuan untuk menyampaikan pikiran terhadap suatu realitas, baik berupa fakta, konsep, atau pun pendapat tertentu.

Bagi Anda yang akan menulis artikel, sebaiknya tentukan terlebih dulu jenis artikel yang akan ditulis. Mengetahui jenis artikel ini penting, supaya Anda tahu formatnya, alasannya yaitu setiap artikel memiliki format tersendiri. Beberapa jenis artikel di antaranya ialah: Artikel Deskripsi, Artikel Narasi, Artikel Eksposisi, Artikel Argumentasi, Artikel Persuasi, Artikel SEO (khusus untuk menulis online).

Namun, di sini kita akan bahas tentang cara-cara menulis artikel secara umum yang akan di bagi menjadi 5 Poin Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Menginspirasi:

  1. Tema

Tentukan tema dari tulisan yang akan dibuat. Tema ini penting semoga Anda tahu perihal konten yang akan Anda tulis. Dengan memilih tema, Anda pun akan di pandu dengan tulisan yang konsisten. Menulis isi sesuai tema, tidak bersayap kesana-kemari. Buatlah tema yang spesifik semoga menarik minat pembaca.

 

  1. Tujuan Penulisan

Dengan menentukan tujuan menulis, maka isi dari artikel Anda akan fokus pada tujuan. Tidak melebar dengan bahasan yang tidak sesuai dengan tujuan penulisan yang telah Anda tentukan. Namun seringkali Anda akan menjumpai, artikel jenis narasi dan deskripsi yang tidak menyertakan tujuan secara tersurat/tertulis, melainkan tersirat.

 

  1. Rumuskan Ide Pokok

Perumusan dilema atau ide pokok biasanya dalam bentuk pertanyaan. Akan tetapi, lain halnya dengan artikel deskripsi dan narasi, sebab rumusan masalahnya tersirat dan tersembunyi di alur tabrakan pena.

 

  1. Pengembangan Tema

Kembangkan tema dengan bahasan yang sesuai dengan tujuan penulisan serta ide pokok yang telah ditentukan di awal sebelum artikel di buat.

 

  1. Kesimpulan

Buatlah kesimpulan dengan melihat bahasan yang terdapat di artikel dan simpulkan dengan ringkas. Pembuatan kesimpulan ini bisa di buat lebih mudah apabila akal atau alur artikel Anda benar.

 

Setelah mempelajari kelima cara menulis artikel di atas. Anda pun sanggup mempelajari lebih lanjut perihal cara-cara menulis artikel deskripsi, narasi dan lainnya melalui googling atau dengan mengikuti artikel mebiso.com selanjutnya.

Dan Anda pun perlu menentukan satu dari dua gaya kepenulisan artikel. Dua gaya tersebut adalah artikel fiksi dan non fiksi, Anda bisa pelajari lebih lanjut melalui wikipedia.org. Di sana dijelaskan secara lengkap ihwal dua gaya di atas, pelajari masing-masing secara mendalam. Tentukan gaya kepenulisan Anda setelahnya.

Demikian langkah-langkah menulis artikel secara umum. Semoga menginspirasi Anda untuk terus berkarya lewat tulisan demi goresan pena artikel atau genre goresan pena yang lainnya. Karena dengan tulisanlah, seseorang bisa berbagi pengetahuan kepada orang lain, menggerakkan perubahan serta menunjukkan pandangan gres kepada khalayak ramai. Yakinlah, dengan menulis, Anda pun merupakan kepingan dari perubahan, untuk diri sendiri dan orang lain. Seperti kata bijak yang berbunyi “Apabila seseorang telah meninggal, yakinlah tulisannya yang akan tetap hidup untuk menginspirasi”. See You on Top!

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Cara Menulis Artikel Di Blog

6 Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas Versi Hannah Frankman

Tinggalkan komentar