5 Orang Yang Dibutuhkan Setiap Startup

Mendirikan sebuah startup menurut beberapa orang memang tidak mudah. Entah dari segi wangsit, modal, pasar, hingga siapa yang ada didalamnya menjadi hal yang tidak sanggup dilupakan. Salah satu yang paling penting dalam proses berjalannya sebuah startup yaitu pemeran atau karyawan yang ada dalam sebuah bisnis startup. Sekalipun startup yang didirikan masih sangat baru, tapi tanpa adanya karyawan atau anggota tim tentu startup tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana yang diinginkan. Sebuah startup tentu akan menemui dan memiliki orang – orang penting dan terang besar lengan berkuasa dalam setiap proses kerja mereka. Orang – orang inilah yang benar – benar harus ada dalam sebuah startup.

1. Leader

Startup manapun akan terang menyebutkan jikalau mereka membutuhkan sosok leader yang akan membantu mereka menentukan langkah untuk proses acara di dalam startup tersebut. Seorang leader di dalam startup bisa berasal dari karyawan itu sendiri. Ini tidak mengharuskan CEO selalu menjadi leader dalam setiap acara yang akan mereka lakukan. Karena siapapun di dalam startup atau organisasi apapun berhak untuk mengajukan dan menimbulkan dirinya sebagai seorang leader, tentu saja harus melalui persetujuan semua aspek yang akan berada dibawah kepemimpinannya.

2. Sang primadona

Sang primadona bukan berarti mereka yang bersinar dan terkenal di masyarakat. Disini  lebih pada orang yang menguasai salah satu atau beberapa bidang di dalam sebuah proses kegiatan. Salah satu misalnya, ketika startup yang kita bangkit ialah sebuah startup berbasis teknologi, tentu kita membutuhkan seorang mahir pada bidang pemrograman ataupun desainer. Nah, sebuah startup juga membutuhkan primadona pada masing – masing bidang yang mendukung tumbuh berkembangnya startup tersebut. Startup tidak harus menyewa banyak orang untuk sanggup menciptakan startup tersebut terlihat lebih profesional, bila dirasa 1 orang bisa melaksanakan kewajibannya dengan baik dan bisa untuk menyampaikan hasil terbaiknya, maka kita tidak perlu repot – repot menyewa dan membawa banyak orang kedalam startup tersebut.

3. Orang yang berpengalaman

Sebelum Anda menciptakan dan mendirikan sebuah startup tentu saja Anda akan bertanya dan mencari referensi dari banyak sekali pihak. Anda akan sering bertanya kepada orang – orang yang sudah usang bergelut dengan dunia ini. Anda juga sering berkumpul dan mencari gosip perihal bagaimana mendirikan bisnis seakan-akan itu. Dan merekalah yang Anda butuhkan. Jangan segan dan malu untuk bertanya dan meminta saran kepada rekan atau hubungan Anda yang sudah terlebih dahulu bergelut dan sukses menjalankan sebuah startup atau bisnis yang besar. Jadikan mereka mentor bagi perjalanan bisnis Anda. Dari merekalah Anda akan belajar ilmu yang sudah ada di lapangan, dan yang paling baik yaitu Anda berguru dari orang yang berpengalaman.

4. Ahli penjualan

Bisnis apapun itu tentu menginginkan adanya penjualan dari apa yang dihasilkan, termasuk pada startup yang benar – benar masih baru di dunia bisnis. Menjual produk bukanlah hal yang mudah, terlebih untuk pemain yang terang – terperinci mengeluarkan brand dan produk yang gres. Belum tentu pasar mampu suka dan membeli produk kita. Itu sebabnya kita diharuskan mencari cara bagaimana produk yan kita hasilkan bisa terjual. Selain melaksanakan branding dan promosi, kita juga membutuhkan sebuah jasa dari hebat penjualan. Biasa kita menyebutnya tim Sales Marketing. Sekalipun bisnis Anda masih gres, tapi apakah itu artinya Anda tidak membutuhkan jasa dari jago penjualan? Tentu tidak. Anda berhak mencari seseorang yang memang hebat dalam hal ini. Dengan demikian, Anda akan lebih fokus dalam mengembangkan startup Anda.

5. Ahli keuangan

Selain jago penjualan, Anda juga akan membutuhkan jasa seorang jago keuangan. Bagaimana startup muda berdiri dan berambisi untuk sukses, tentu tidak akan luput dari kelalaian mereka dam mengendalikan pemakaian modal yang ada. Ini gampang teratasi kalau produk yang Anda hasilkan bisa pribadi memberikan keuntungan berlipat untuk startup Anda. Namun sebaliknya, Anda akan merasa rugi jika modal yang Anda keluarkan hanya terbuang secara sia – sia dan tidak menyampaikan impact apapun untuk bisnis Anda. Ini sebabnya, startup muda Anda membutuhkan seorang yang jago mengatur keuangan bisnis Anda. Ia harus bisa mengendalikan laju perputaran modal dalam bisnis Anda.

Selamat mencoba 🙂

Baca juga:

[Infografis] 6 Cara untuk Mengukur Seberapa Hebat Ide Startup Anda

10 Kesalahan yang Sering Terjadi pada Bisnis Startup

5 Kesalahan yang Sering Terjadi pada Branding Bisnis Kecil

Tinggalkan komentar