5 Langkah Menjadi Freelance Web Developer Sukses

Freelance web developer ketika ini tentu menjadi incaran beberapa orang. Selain sebab bisa kerja dirumah, kebebasan waktu pun  tentunya bisa di mampu, aktivitas kegiatan dalam sehari bisa di atur sendiri dan yang paling menarik ialah pendapatan yang didapat.

Semakin berkembangnya teknologi maka permintaan akan web developer tentu akan semakin meningkat. Ya banyak sekali yang bisa dilakukan oleh seorang web developer, misalnya membuat company profile perusahaan, website pemerintahan dan sekolahan, toko online, serta aplikasi online Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah “Bagaimana caranya saya menjadi seorang freelance”.

Langkah 1 : Belajar banyak teknologi/bahasa sebanyak yang dibisa

Pembuatan projek website membutuhkan lebih dari satu pengetahuan bahasa pemprograman. Maka semakin banyak teknologi dan bahasa yang dikuasi maka semakin banyak pula pekerjaan.

Langkah 2 : Menuliskan planning bisnis

Dokumen ibarat ini penting dalam menyampaikan visi dan aba-aba untuk bisnsis Anda, serta memutuskan tujuan dan mengukur prestasi.

Langkah 3 : Bangun website

Hal yang harus dimiliki oleh seorang freelance web developer adalah portofolio, dimana semua orang bisa menemukan Anda, serta Andapun bisa menunjukkan projek yang sudah selesai pada klien. Ceritakan dalam website mengenai passion, apa yang bisa Anda lakukan, apa manfaat yang akan mereka peroleh  dan mengapa mereka harus memilih Anda. Dalam memilih provider penyedia hosting, ke 9 hal inilah yang biasanya dijadikan materi pertimbangan.

Langkah 4 : Pasarkan jasa Anda

Untuk menerima pasar yang sempurna maka terlebih dahulu Anda harus mengetahui persona siapa sasaran Anda?  Misalnya, bisnis lokal yang masih belum di online kan, organisasi non-profit yang dikala ini tidak efektif, serta perusahaan penjualan yang ketika ini belum memperlihatkan secara online. Karena masih dalam tahap pengembangan maka segala kemampuan untuk menciptakan website yang menarik.

Langkah 5 : Lakukan update secara terus menerus

Bahasa pemrograman dan teknologi yang terus berkembang memang menarik untuk di ikuti. Tidak ada salahnya juga berlangganan newsletter menyerupai mebiso ini untuk mengupdate info Anda. Investasi yang mampu Anda optimasi pada dikala seakan-akan ini yakni waktu dan usaha.

Apakah Anda sudah menjadi seorang freelance web developer? Ataukah dikala ini masih dalam proses untuk menjadi salah satunya? Mulai dengan hal yang kecil maka sesuatu yang besar akan mengikuti Anda. Semakin cepat Anda memulai bisnis Anda maka semakin besar terbukanya peluang bisnis Anda dan selangkah di depan kompetitor freelance web developer yang lain.

Sumber

Tinggalkan komentar