5 Karakter Unggul Yang Harus Dimiliki Founder Startup

5 karakter unggul founder startup – Startup dikala ini menjadi bisnis yang fenomenal. Kita bisa menyaksikan sendiri betapa hebatnya perusahaan-perusahaan startup dalam mengembangkan pangsa pasarnya.

Bahkan, kabar terbaru menyebutkan Go-jek, salah satu perusahaan startup tanah air telah menyandang status decacorn alias startup dengan nilai valuasi diatas 10 miliar USD.

Melihat kesuksesan Go-jek dan startup top lain, kini banyak anak muda yang tertarik menggeluti usaha bisnis startup ini.

Namun, berbagi startup bernilai 10 miliar USD bukanlah masalah simpel.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis startup. Salah satunya yakni faktor tak kasat mata berupa abjad yang dimiliki oleh sang founder.

Dalam artikel ini, Mebiso akan merangkum 7 abjad unggul yang harus dimiliki oleh founder startup.

sifat founder unggul
Sumber gambar: pexels.com/@startup-stock-photos

1. Karakter founder startup yang sukses yaitu visioner

Visi menjadi satu pembeda utama antara founder startup yang sukses dengan yang tidak.

Hal ini tidak hanya berlaku di dunia startup saja, tetapi juga pada bisnis konvensional. Namun, untuk usaha startup, abjad ini wajib dimiliki.

Bisnis startup ialah bisnis yang penuh teka-teki.

Hal tersebut dikarenakan bisnis startup menunjukkan solusi-solusi gres berupa produk atau jasa yang tidak otomatis langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Para founder yang mempunyai visi yang terperinci tidak sekedar menjual produk atau jasa mereka. Mereka paham betul nilai tambah yang mereka tawarkan untuk menuntaskan dilema pelanggan lebih utama dibanding penjualan semata.

memiliki wawasan dan pengalaman
Sumber gambar: unsplash.com/@nicolehoneywill

2. Memiliki pengalaman dan wawasan yang luas

Usaha startup yakni jenis usaha dengan resiko yang tinggi. Modal yang diinvestasikan tidak pribadi bisa dikembalikan dalam satu atau dua tahun.

Pengeluaran startup juga terbilang asing-gilaan. Mereka harus bisa merebut perhatian pasar dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Oleh akibatnya, memiliki pengalaman dan wawasan yang luas wajib dimiliki oleh seorang founder startup.

Itulah yang seringkali luput dari founder awam yang belum banyak pengalaman. Setelah mendapatkan investasi justru mereka gunakan investasinya dengan tidak bijak sehingga merugikan perusahaan.

Oleh sebab itu, Mebiso menyarankan untuk Anda yang ingin menjadi founder startup terlebih dahulu memiliki pengalaman kerja di bidang startup.

Anda bisa mulai dengan magang di perusahaan startup sambil meneladani bagaimana founder startup kawasan Anda magang mengerjakan pekerjaannya.

karakter unggul founder startup
Sumber gambar: unsplash.com/@amyhirschi

3. Rendah hati menjadikan founder startup lebih bijak membuat keputusan

Dalam menjalankan usahanya, seorang founder startup akan berurusan dengan banyak orang, baik itu karyawan, co-founder lain, atau investor. Memiliki sifat rendah hati mengakibatkan founder startup terbuka dengan pemikiran orang-orang ini.

Founder yang mempunyai sifat rendah hati selalu mencari masukan dan kritik dari orang lain.

Tak jarang mereka mempersilahkan karyawannya untuk memperlihatkan pendapat terlebih dahulu. Bahkan, mereka justru bahagia saat ada karyawan yang beradu argumentasi dengan mereka. Tentunya argumentasi disertai data yang sempurna.

Sifat rendah hati inilah yang mengakibatkan mereka bijak dalam mengambil keputusan.

karakter founder startup sukses
Sumber gambar: pexels.com/@maumascaro

4. Founder startup sukses memiliki fokus tingkat tinggi

Kemampuan untuk fokus pada satu hal bukanlah hal yang simpel untuk dilakukan.

Sebagai founder startup, seseorang akan dihadapkan pada banyak hal yang menuntut perhatiannya.

Diantara hal-hal tersebut, ada yang pantas dikerjakan, ada yang semestinya didelegasikan, dan ada yang hanya menjadi distraksi semata.

Seorang founder startup yang sukses mempunyai kemampuan untuk fokus mengerjakan hal yang benar-benar penting bagi bisnis mereka.

Mereka sanggup memilah mana yang penting dikerjakan dan mana yang hanya membuang-buang waktu.

watak founder startup sukses
Sumber gambar: pexels.com/@nur-andi-ravsanjani-gusma-17204

5. Founder startup gigih dalam mewujudkan cita-citanya

Mendirikan perjuangan startup dan menjadikannya sukses memerlukan waktu dan usaha yang besar.

Kegigihan yakni abjad founder startup yang membuat sang founder tidak patah arang dikala ada perkara besar yang menghadang.

Founder startup yang gigih tidak praktis menyerah saat pengajuan investasinya ditolak oleh investor. Ia mencar ilmu dari kegagalannya di kesempatan selanjutnya.

Itulah 5 karakter unggul yang harus dimiliki founder startup. Jika Anda hendak mengembangkan usaha startup, teladanilah sifat-sifat unggul ini serta milikilah role model untuk Anda jadikan contoh.

Baca juga artikel menarik lainnya:

5 Buku Startup Ini Bisa Memandumu Membangun Startup Unicorn

5 Pelajaran Hidup dari Proses Mengurus SIM yang Bisa Anda Terapkan di Bisnis Online Anda

5 Taktik Digital Marketing Tanpa Modal yang Bikin Startupmu Tumbuh Pesat

Tinggalkan komentar