5 Ide Bisnis Komoditas Ekspor

Barangkali isu yang kita dengar yakni selalu ihwal impor dan impor produk. Ternyata ada produk dalam negeri yang menjadi andalan ekspor dalam negeri. Produk ini bukan non migas, dan mampu menjadi peluang buat kau untuk menjadi bab dari capian ekspor ini.

Menurut data BPS, pada Juli 2018, ekspor non migas Indonesia mencapai, $14,81 miliar, naik 31,18 % dibanding dengan Juni 2018. Naik juga 19,03 % dibanding Juli 2017. Negara tujuan ekspor terbesar Indonesia 2018 adalah Tiongkok, Jepang, dan Amerika.

Berdasarkan wawancara pada Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, oleh detik, Indonesia dalam 2018 ini tercatat telah mengekspor lima produk non migas di Indonesia. Produk ini bisa menjadi peluang untuk memperluas bisnis ke luar negeri.

Manggis

Ide bisnis komoditas

source: www.organicfacts.net

Buah tropis ini hanya bisa tumbuh anggun di daerah khatulistiwa, salah satunya Indonesia. Manggis sanggup menjadi ekspor yang menjanjikan. Salah satu negara yang sedang menggandrungi buah ini ialah Tiongkok.

Manggis sendiri merupakan terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa mengendalikan imbas radikal bebas. Menteri Pertanian Indonesia menargetkan bahwa tahun 2018 ini ekspor manggis bisa mencapai 60 juta ton per tahun.

Bawang Merah

Ide bisnis komoditas

source: nkexports.com

Bawang merah sudah menjadi salah satu materi baku penting masakan. Di berbagai negara bawang merah diharapkan untuk meracik berbagai masakan. Di Indonesia sendiri sangat cocok untuk menumbuh bawang merah.

Bagi kau yang berminat berbisnis pertanian, bawang merah sanggup menjadi komoditas yang menjanjikan. Juli 2018 Kementan bekerja sama dengan Petani Berebes telah mengekspor 5.600 ton bawang merah. Pemerintah sendiri sudah menargetkan akan mendongkrak ekspor bawang merah hingga mencapai 7.750 ton ke 6 negara tetangga.

Domba

Ide bisnis komoditas

source: fanpop.com

Selain hasil perkebunan dan pertanian, komoditas non migas yang menjadi produk unggulan ekspor ialah domba. Pemerintah Indonesie telah bekerjasama dengan Pemerintah Malaysia untuk mengekspor domba sebanyak 60.000 ekor dalam satu tahun, di 2018.

Ekspor domba ke malaysia tahun ini meningkat 1000%. Jika sebelum tahun 2018, Indonesia hanya mampu mengekspor 210 ekor domba, sekrang bisa 2.100 ekor setip bulannya. Peningkatkan ini menjadi hal positif untuk siapa saja yang akan atau sedeang berbisnis peternakan, khususnya domba.

Jagung

Ide bisnis komoditas

sources: unsplash.com

Satu lagi komoditas pertanian yang bisa menjadi produk unggulan ekspor yaitu jagung. Negara dengan permintaan jagung dengan jumlah banyak yaitu Filipina. Indonesia sendiri berhasil mengekspor Jagung ke Filipina sebesar 60.000 ton pada Maret 2018.

Kementrian Pertanian menargetkan dapat mengekspor 500.000 ton ke negara tetangga, Malaysia dan Filipina di tahun ini. Kesempatan ini menjadi peluang bagi pengusaha komoditas jagung untuk berbagi melalui ekspor produk ke luar negeri.

Ayam dan Telur

Ide bisnis komoditas

sources: unsplash.com

Hasil peternakan yang mampu manjadi komoditas ekspor Indonesia selain domba yaitu telur dan ayam. Negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia yakni Jepang, Myanmar, dan Papua Nugini, menurut Menteri Pertania Indonesai, yang di lansir detik.

Pertumbuhan ekspor telur tahun 2015 terhadap 2017 telah mengalami pertumbuhan sebesar 2.824 % dengan kenikan sebesar itu tahun ini diprediksi jumlah ekspor telur juga akan terus meningkat. Laju positif pertumbuhan ini menjadi kesempatan untuk para peternak lokal untuk membuatkan pasarnya ke luar negeri.

Bagi anda yang ingin berbisnis komoditas ekspor bisa mencoba ide bisnis di atas. Lima komoditas di atas memang telah terbukti telah diekspor ke negara luar dan pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir selalu meningkat, hal in bis menjadi peluang bagimu. Selamat Mencoba!

Baca Artikel Menarik Lainnya!

Tanda-tanda bisnis online akan gagal

Jurus keluar dari kebangkrutan bisnis

Lima situs berguru online gratis

Tinggalkan komentar