5 Hobi Ini Akan Membantumu Meningkatkan Kecerdasan

Punya banyak hobi bukanlah hal yang asing. Sebab, sebagai manusia kita tentu ingin banyak mencoba ini dan itu. Mengerjakan banyak hal sekaligus, dan menerima banyak laba.

Banyak orang yang berkata memiliki hobi yang dirasa tidak begitu bermanfaat hanya akan membuang-buang waktu saja. Tapi ternyata tidak, hobi yang dirasa biasa saja menciptakan kita meningkatkan kecerdasan. Hobi bukan hanya sanggup membuat kita senang dan menerima hiburan saja, tapi juga menyampaikan kita manfaat yang banyak. Seperti…..

1. Olahraga secara teratur

Jogging

Olahraga bukan hanya wajib dilakukan secara rutin, sebab dengan berolahraga fisik kita akan terjaga dengan baik sekalipun memiliki acara yang padat. Tapi apakah hobi berolahraga dapat membuat kita menjadi lebih pandai? Kok bisa?

Salah satu faktor yang membantu meningkatkan kecerdasan otak yaitu berasal dari faktor Neurotrophic(BDNF). Dan protein yang terkandung di dalam otak akan merangsang kerja kognitif manusia mirip memori jangka panjang. (Dartmouth College, 2009)

Olaharaga tidak mengharuskan kita pergi ke tempat gym. Karena di rumah pun kita bisa berolahraga, menyerupai yoga. Kitapun bisa membiasakan diri untuk berjalan atau jogging setiap pagi.

2. Memainkan alat musik

Guitar

Menyanyi mungkin menjadi hobi setiap orang, tapi tidak dengan memainkan alat musik atau instrumen. Sebab memainkan alat musik akan membantu kita untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan membantu meningkatkan prestasi akademik. Dengan mempromosikan pengembangkan fungsi eksekutif tertentu di dalam diri kita.

Anak-anak yang sanggup memainkan alat musik memperlihatkan peningkatan kerja baik secara ekspresi maupun kecepatan dalam memproses informasi.(Boston Children’s Hospital, 2014)

Kita tidak harus mencar ilmu dari seorang guru atau mentor yang jago. Kita bisa otodidak atau mencar ilmu sendiri di rumah. Lebih muda lebih baik kita memiliki dan menekuni hobi ini.

3. Bermain video game

Ada banyak ornag yang menentang hobi yang satu ini. Mereka berkata bahwa hobi ini hanya membuang waktu dan membuat belum remaja semakin malas berguru dan kesannya tidak sepintar yang diharapkan.

Tapi tahukah Anda jikalau video game membantu mengasah dan melatih kerja otak kita. Sebab terdapat bagian otak yang membantu untuk memproses pekerjaan ini. Yaitu Develops working memory. Ini merupakan sistem yang bertanggungjawab untuk memegang dan memproses isu gres dan sudah disimpan(Leiden University, 2012)

Mulai dari tombol navigasi, perencanaan taktik sampai dengan membaca cara kerja. Menggunakan setidaknya 30 menit dalam sehari akan secara signifikan meningkatkan kecerdasan otak kita.(Charite, 2013)

Banyak permainan yang sudah erat dengan kita, seperti puzzle hingga dengan DOTA yang membuat kita harus cerdas bukan hanya saat bertarung, tapi dikala menyusun game tersebut.

4. Belajarlah bahasa gres

language

Mempelajari bahasa gres bukan hanya bermanfaat dikala kita bepergian ke luar kota atau luar negeri. Tapi juga membantu untuk memperlambat penuaan pada otak kita. Dengan mempelajarinya, akan memberi pengaruh yang sangat positif pada kognisi kita di kemudian hari.

Mempelajari dan sedikit mempraktekkan akan membantu kita meningkatkan fungsi administrator otak, yang artinya peran yang membutuhkan kerja keras otak atau mental bisa dilakukan dengan baik.

5. Membaca

Reading

Membaca juga sanggup meningkatkan dan memperlihatkan kita banyak kosakata baru. Tapi adakah menfaat lain menjadi seorang kutu buku?

Membaca setiap hari akan meningkatkan konektivitas otak kiri kita, di daerah yang terkait dengan penerimaan bahasa.

Ketika kita membaca sebuah dongeng atau pengalaman seseorang, maka otak akan memproses dan membantu membentuk cermin pada konektivitas otak kita yang terjadi selama tindakan yang gotong royong. Misalnya saja ketika kita membaca cerita orang yang sedang mengemudi, secara tidak sadar otak kita akan memicu cerminan berupa keadaan menyerupai kita sedang mengemudi. (Emory University, 2013)

Ini tidak terbatas tentang bacaan apa yang harusnya Anda baca. Sebab apapun bacaannya Anda tentu akan menerima banyak ilmu dan info gres dari buku ataupun sumber lainnya.

Nah, dari sini apakah Anda sudah mulai memahami dan apakah justru ingin lebih menekuni hobi Anda? Karena hobi yang Anda jalani akan memperlihatkan efek positif dikala Anda rutin dan bersungguh-sungguh dikala menjalaninya. 🙂

Sekalipun usia Anda masih sangat muda, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menjadi seorang pengusaha. Sebab menjadi pebisnis ialah hak siapapun yang ingin sukses, termasuk Anda. 🙂

 

 

Tinggalkan komentar