5 Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula

5 Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula – Apabila Anda benar-benar pemula di dunia blog atau pun internet. Di benak Anda pasti akan mucul pertanyaan-pertanyaan seputar hal di atas. Contohnya saja perihal pertanyaan fundamental ini:

Apa itu blog?

Bagaimana caranya menjadi blogger?

Harus dimulai darimana ya nge-blog itu?

Dan masih banyak pertanyaan seputar blog yang masih mengganjal lainnya. Di sini akan kami jelaskan secara lebih mendalam hal-hal yang perlu Anda ketahui perihal blog, supaya Anda lebih memahami blog sebelum membuatnya.

Apa itu blog? Blog merupakan salah satu dari jenis website yang ada di internet. Di internet terdapat beberapa macam website sesuai dengan kegunaannya. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Blog yang mengulas tentang portal gosip, seperti detik.com, kompas.com.
  2. Blog untuk social networking, menyerupai facebook.com, instagram.com, twitter.com.
  3. Blog sebagai search engine, mirip google.com dan yahoo.com.
  4. Blog untuk lembaga, menyerupai kaskus.co.id.
  5. Blog pasar online, seolah-olah lazada.co.id, tokopedia.com.
  6. Blog untuk personal branding, mirip radityadika.com.

Banyak bukan jenis blog yang ada di internet. Dari tumpuan-pola di atas bahkan masih ada macam blog yang lain dan tidak bisa disebutkan satu-persatu di sini. Lalu, blog menyerupai apa yang akan Anda buat nantinya? Sebelum menentukan ke arah mana blog Anda di buat. Maka tentukan dahulu tujuan Anda ngeblog dan pahami hal tersebut untuk menuju ke langkah selanjutnya.

Setiap Blogger mempunyai tujuan yang tidak bisa di samakan dengan Blogger yang lain. Ada Blogger yang ngeblog sebab ingin menjadi penulis dan dikenal sebagai penulis andal, ada yang ingin ngeblog untuk membagikan ilmu atau pengetahuan yang di miliki lewat konten blog yang ia buat, dan selain alasannya dua hal di atas, seringkali banyak yang nge blog sebagai ladang untuk menambah penghasilan. Apakah Anda sudah menentukan tujuan blog Anda?

Setelah mengetahui tujuan Anda ngeblog, poin selanjutnya yakni mengetahui cara untuk memulai ngeblog. Cara pertama yaitu, tentukan topik ukiran pena. Dengan mengetahui topik yang akan Anda tulis di blog, maka konten Anda pun tidak dibentuk sekenanya. Blog Anda di buat dengan menciptakan konten yang fokus pada topik yang telah Anda tentukan di awal. Kedua, pilih layanan ngeblog yang menurut Anda cocok untuk Anda gunakan. Penyedia layanan blog seperti wordpress.com, blogger.com dan tumblr.com. Ketiga yaitu mulailah menulis di blog Anda, usahakan untuk rajin menulis minimal satu artikel perhari supaya blog Anda meranking atas di mesin pencari Google.

Langkah memilih tujuan dan darimana memulai blog sudah kami bahas di atas. Selebihnya yaitu mulailah untuk menyebarkan blog Anda. Dengan cara di bawah ini:

  1. Fokuslah ke konten blog Anda. Kenapa? Karena konten merupakan faktor utama kesuksesan blog. Sehingga buatlah konten yang berkualitas dengan mengedepankan asas konten yang bermanfaat untuk dibaca, buatlah konten Anda unik dan berbeda dengan konten yang lain, serta buatlah topik yang banyak dicari oleh pembaca.
  2. Pelajarilah teknik SEO dasar, alasannya ialah meski SEO bukan faktor utama penentu kesuksesan. Namun, SEO merupakan pendukung yang berperan penting untuk membuat blog Anda berada di kawasan strategis di mesin pencari. Pelajari SEO dasar ini dari banyak referensi di Google dan terapkan di blog Anda.
  3. Blogwalking, merupakan kunjungan Anda ke blog lain dan memberi komentar secara sukarela atau dengan ikhlas hati. Blogwalking ini di lakukan untuk menjalin korelasi baik sesama Blogger, menerima backlink untuk penunjang SEO, serta memperkaya pandangan baru Anda untuk menulis.
  4. Gunakan media umum untuk promosi blog Anda. Berikan fitur widget semoga pembaca bisa share goresan pena Anda ke media umum dan aktiflah berpromosi di media umum yang Anda miliki.
  5. Seringlah memperkaya wawasan Anda dan kemampuan Anda menulis dengan terus berguru dan membaca banyak buku terkait topik yang Anda tulis.

Selamat memulai langkah kesuksesan Anda sebagai Blogger pemula dengan mengaplikasikan tips-tips Mebiso di atas!

 

Baca artikel menarik lainnya:

4 Tips Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Ingin Membuat Blog, Lebih Baik WordPress atau Blogger?

5 Cara Menjadi Blogger Populer

Tinggalkan komentar