5 Cara Membuat Karyawan Merasa Senang Saat Bekerja

Dalam sebuah perusahaan, kesejahteraan karyawan sangatlah menentukan kesuksesan kita dalam membangun bisnis. Bagaimana bisa sebuah perusahaan menjadi lebih besar, dikala tidak didukung oleh keterampilan dan ketekunan karyawan dalam bekerja dan menghasilkan sebuah produk atau layanan yang baik bagi pelanggan? Tentu sangat sulit.

Bahkan sebuah perusahaan sekelas Google dan Microsoft, karyawan bukan saja mereka yang mendedikasikan kemampuan untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu, tapi juga sobat dan sekaligus keluarga bagi satu dengan lainnya. Setiap karyawan yang dituntut bisa menghasilkan sebuah karya yang bisa menjual dan menguntungkan bagi bisnis tersebut, haruslah didukung dengan fasilitas yang nyaman dan mendukung kerja mereka.

Lalu ibarat apa sih imbas karyawan yang merasakan kesenangan saat bekerja dengan hasil kerja mereka? Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat karyawan merasa senang bekerja dan betah berada di kantor? Ini dia beberapa tips yang kami bagikan untuk Anda.

1. Memberdayakan karyawan dengan rasa kepemilikan

Salah satu yang kita inginkan dari karyawan yang bekerja ialah inisiatif mereka ketika membuat pandangan baru, mengambil keputusan bahkan melakukan pekerjaannya. Benar memang, inisiatif sangat membantu karyawan dan perusahaan untuk bisa bertumbuh dengan lebih baik.

Maka biarkanlah karyawan Anda untuk mengambil tanggungjawabnya dalam setiap proses kerja. Mulai dari membuat ilham, mengambi keputusan dan juga melaksanakan apapun yang sudah mereka putuskan. Ini terang akan membantu karyawan jauh lebih aktif dalam bekerja.

Beberapa studi sudah menandakan bahwa inisiatif karyawan dalam bekerja akan meningkatkan pendapatan hingga 30% banyaknya.

2. Tantang Karyawan Anda dengan meninggalkan zona nyaman mereka

Ada banyak karyawan yang tidak memperlihatkan peningkatan kinerja dalam perusahaan Anda. Tahukah Anda apa yang membuat hal itu hingga terjadi? Jika Anda memperhatikan beberapa dari karyawan Anda pasti terlalu nyaman dengan apa yang mereka kerjakan dan dapatkan dikala itu. Mereka bahkan enggan untuk mengambil resiko dan mencoba hal yang baru bagi mereka.

Akibatnya dari skill dan juga kemampuan mereka terperinci tidak berubah bahkan bertambah. Salah satu yang bisa kita lakukan ialah dengan menantang dan mendukung karyawan Anda untuk meninggalkan zona nyaman mereka. Berilah mereka tantangan untuk bisa mengerjakan dan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

Jangan memaksa, tetap dampingi dan beri santunan. Setelah mereka mau untuk sekali saja mencoba, bisa dipastikan pengetahuan, skill bahkan kemampuan mereka terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Atau bahkan pekerjaan yang gres. Ini bahkan membantu Anda untuk mendukung pengembangan diri karyawan-karyawan Anda bukan?

3. Jadilah perusahaan yang fleksibel

Hal ini memang cukup penting untuk dipertimbangkan. Karena setiap perusahaan memiliki budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda. Namun menjadi perusahaan yang fleksibel bagi dirinya dan juga karyawan akan membuat mereka betah dan senang dalam bekerja.

Fleksibel yang bagaimana? Salah satu contohnya bisa saja dari jam kerja. Sebagai pemilik perusahaan, Anda mungkin mempunyai kebijakan yang berbeda-beda terhadap karyawan. Beberapa karyawan Anda mungkin mempunyai fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat kerja mereka. Sehingga karyawan bisa memilih kapan dan dimana mereka harus bekerja. Dengan syarat setiap tugas, sasaran dan tuntutan bisa tercapai dan terselesaikan tepat waktu dan sangat baik. Hal ini mungkin akan membuat karyawan menjadi lebih nyaman dalam bekerja.

4. Ingat setiap tujuan dan makna dalam bekerja

Bagi seorang karyawan penting sekali untuk mengingat dan konsisten dalam mencapai setiap tujuannya. Ketika seorang manager atau bahkan Anda sebagai CEO bisa membantu tim atau karyawan Anda untuk mengenali arti dan tujuan dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan, karyawan akan secara otomatis menjadi lebih bersemangat dan percaya diri dalam mencapai visi dan misi mereka.

Sebuah studi kasus memperlihatkan bahwa ketika setiap karyawan mengerti apa yang ingin mereka capai dan yang mereka lakukan, maka budaya kerja dari tim akan mulai berkembang dan juga kepuasan kerja akan melonjak.

5. Berikan reward untuk lebih memotivasi dalam bekerja

Satu lagi yang penting dan mungkin sering dilupakan adalah dengan memperlihatkan reward atau penghargaan kepada karyawan yang berprestasi atau berjasa pada perusahaan. Reward yang diberikan bukan hanya berupa kenaikan honor atau jabatan, bahkan ucapan selamat dan terima kasih yaitu bentuk reward sederhana yang bisa meningkatkan semangat dan rasa percaya diri karyawan.

Nah, begitulah setidaknya beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan di berbagai perusahaan atau bisnis yang memiliki karyawan. Penting kita ingat, bahwa kesejahteraan karyawan adalah kunci utama kesuksesan bisnis kita dalam melakukan pengembangannya. Menciptakan budaya kerja dan perusahaan yang faktual tentu akan menjadi pendukung hasil yang positif pula.

Jangan abaikan setiap kebutuhan dan mungkin keinginan karyawan. Bukan berarti memanjakan mereka, hanya saja untuk mencoba mengerti bagaimana karyawan kita dapat bekerja dengan baik dalam lingkungan dan situasi yang mendukung. Artikel berikut juga bisa menjadi tumpuan Anda untuk mengetahui, bekerjsama apa sih yang dibutuhkan oleh bawahan atau karyawan kepada perusahaan 🙂

Lalu, sekarang bagaimana dengan perusahaan Anda? 🙂

Tinggalkan komentar