5 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca Dan Mengena Hati Pembaca

5 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca dan Mengena Hati Pembaca – Ada penulis yang sampai saat ini merasa tidak percaya diri dengan karya tulisannya dan memandang rumput tetangga lebih hijau. Ada juga penulis yang begitu percaya diri dengan hasil tulisannya dan selalu berharap bahwa tulisannya sanggup menginspirasi banyak pembaca. Ya, menulis itu juga butuh mental dan mood yang baik untuk menciptakan tulisan yang bermutu.

Bagi Anda yang masih moody dalam menulis dan menganggap tabrakan pena Anda receh atau kurang bernilai. Sebaiknya berhenti berpikir demikian, alasannya yaitu memang segalanya butuh proses untuk menjadi penulis profesional dan Anda harus punya kepercayaan diri sebagai penulis. Disadari atau tidak, rasa percaya diri Anda sewaktu membuat tulisanlah yang akan berpengaruh pada baiknya tulisan Anda.

Sebaiknya Anda mengetahui manfaat menulis bagi pribadi, supaya Anda lebih percaya diri dalam menulis dan tabrakan pena Anda pun akan lebih enak dibaca orang lain. Yuk simak manfaat menulis berikut ini:

  1. Manfaat menulis secara psikologis, yaitu bisa membuat badan kita semakin sehat dengan senantiasa berpikiran faktual, bahkan sanggup membuat kita bisa lebih mengontrol diri. Menulis juga bisa melepas segala problem hidup yang membuat kita stres.
  2. Manfaat menulis secara metodologis yaitu membuat kita berlatih berpikir secara teratur dalam melakukan suatu tindakan sesuai dengan yang kita kehendaki. Manfaat metodologis lainnya ialah bisa memudahkan kita dalam melaksanakan agenda dan mencapai program yang telah di tentukan.
  3. Manfaat menulis secara filosofis yakni bermanfaat untuk melatih kita berpikir secara radikal atau secara mendalam.
  4. Manfaat menulis secara pendidikan adalah sanggup mempengaruhi kita untuk melaksanakan proses berguru. Sehingga semakin sering kita menulis, maka kita pun sudah melaksanakan proses berguru dari materi yang kita tulis.

Dari keempat manfaat menulis di atas, diharapkan Anda sudah tidak ragu lagi untuk terus melatih kemampuan menulis yang Anda miliki. Dan penting untuk Anda untuk selalu belajar meningkatkan kemampuan menulis. Hal ini biar artikel yang dibentuk lebih enak di baca, jadi Anda perlu mengaplikasikan beberapa cara ini:

  1. Perbanyak bacaan Anda, dengan banyak membaca Anda akan mempunyai banyak ide yang bisa dituangkan dalam artikel.
  2. Terus menerus melatih kemampuan Anda menulis dengan menulis lebih sering dari biasanya. Sering menulis akan membuat Anda menghasilkan karya goresan pena yang lebih baik dari waktu ke waktu.
  3. Pelajarilah kaidah-kaidah menulis Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tuangkan kaidah menulis Bahasa Indonesia tersebut dalam goresan pena Anda. Ini penting agar pembaca bisa memahami dan menangkap maksud goresan pena Anda, apabila gesekan pena sudah sesuai dengan kaidah dan EYD.
  4. Publikasikan tulisan Anda, mirip posting di media elektronik dan cetak, supaya kita bisa mengukur kemampuan menulis kita. Saat ini ada banyak wadah untuk menulis secara gratis dan bisa pribadi dibaca orang banyak. Contohnya di blog, Facebook, Instagram, dll.
  5. Selalu percaya diri dengan apa yang kita tulis supaya kita puas dengan risikonya dan goresan pena kita juga akan dibaca enak oleh pembaca. Istilah kerennya “Good Vibe”

Semakin paham bukan, manfaat menulis bagi diri kita dan juga bagaimana meningkatkan kemampuan menulis semoga artikel yang Anda tulis mempunyai efek positif untuk orang yang membacanya, seiring dengan pembaca yang semakin menikmati karya tabrakan pena Anda. Miliki tradisi membaca yang baik untuk menjadi penulis yang lebih baik. Selamat berkarya dengan hati!

 

Baca artikel menarik lainnya:

Bagaimana Membuat Artikel Yang Menarik Dan Pasti Dibaca Banyak Orang?

5 Poin Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Menginspirasi

Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar