5 Cara Membuat Artikel Seo Yang Human Friendly

Cara Membuat Artikel SEO Yang Human Friendly – Seiring dengan populernya blog, semakin banyak pula orang yang ingin menjadi penulis artikel dan menjadi terkenal melalui blog yang mereka miliki. Namun, masih sedikit sekali seseorang yang berguru menulis dengan tekun dan menghasilkan tulisan yang lezat dibaca dan berbobot.

Mengapa? Karena kita sibuk memikirkan ihwal cita-cita populer sebagai blogger secara instan. Tapi, banyak yang mengabaikan bahwa untuk sanggup terkenal melalui ukiran pena di blog itu harus berusaha keras menjadi penulis yang rajin dan menghasilkan artikel yang keren serta bermanfaat untuk dibaca banyak orang.

Akhirnya banyak yang mengalah dan meninggalkan blognya yang sepi pengunjung, tanpa penilaian mengapa blognya kok sepi pembaca?

Oleh sebab itu, di sini faktor untuk membuat blog Anda ramai pengunjung, salah satunya ialah dengan berguru membuat artikel SEO. SEO ini disinyalir jadi poin penting untuk membuat blog Anda meringkat atas di mesin pencari. SEO ini kepanjangan dari Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari yang mempunyai kegunaan untuk memudahkan pembaca menemukan blog Anda lewat artikel yang Anda tulis.

Jaman dulu, menulis artikel SEO ini mempunyai aturan baku supaya artikel Anda mampu disebut artikel SEO Friendly. Aturan yang berlaku di zaman dulu yaitu sebagai berikut:

  1. Terdapat keyword di judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir
  2. Menggunakan subheader (h2-h6) yang berisi keyword
  3. Keyword di meta description
  4. Memiliki keyword density sekian persen
  5. Bold, Underline, Italic di setiap keyword, dll

Dan sekarang, lupakanlah semua aturan SEO di atas. Karena “di masa SEO Modern, artikel yang human friendly berarti juga SEO Friendly.”

Ini mengandung arti bahwa, orang yang fokus pada aturan SEO yang usang secara tidak sadar telah membuat artikel yang tidak menarik dibaca atau artikel untuk mesin pencari. Sehingga yang terjadi yaitu banyak pembaca yang kemudian enggan untuk meneruskan membaca artikelnya hingga selesai lantaran artikel tersebut tidak menarik dan minim sekali yang merekomendasikan artikel dengan aturan SEO lama ini.

Oleh karena yakni itu, buatlah artikel yang human friendly, artikel yang lezat di baca manusia tanpa aturan-aturan SEO yang mengikat. Buatlah konten blog yang berisi dan bermanfaat untuk di baca, bukan untuk di baca mesin.

 

Apa yang harus Anda lakukan untuk menciptakan artikel SEO yang human friendly tersebut?

a. Pelajari Karakter Calon Pembaca

Anda bisa melihat umur dan jenis kelamin dari kebanyakan pembaca Anda lewat Google Analytics. Biasanya umur dan jenis kelamin ini ditentukan oleh topik goresan pena yang Anda ulas di blog Anda. Beda topik akan beda pembacanya. Kaprikornus gunakan bahasa yang sesuai dengan umur dan jenis kelamin pembaca Anda. Semisal kebanyakan dari pembaca Anda yaitu anak muda, sesuaikan goresan pena Anda dengan tidak terlalu kaku, bahasa santai dan tidak menggunakan kaidah EYD juga di perbolehkan lho.

 

b. Pancing Pembaca dengan Judul yang Menarik

Disarankan memilih judul yang menarik namun bukan berarti judul yang bombastis ibarat kebanyakan situs informasi abal-abal atau hoax. Ibaratnya apabila ada 100 pengunjung website, maka setidaknya ada 80 orang yang akan membaca judul artikel Anda dan 20 orang yang akan membaca artikel Anda sampai selesai.

 

c. Ikuti Format Berikut Agar Artikel Anda Terbaca

  1. Gunakan font yang mudah di baca
  2. Ukuran antara 14-22px
  3. Lebar horizontal antara 480-720px
  4. Line-height antara 1.5-2em
  5. Margin di bawah paragraf antara 1.5-2em

 

d. Tingkatkan Kualitas atau Bobot Isi Artikel Anda

Tulislah artikel yang berkualitas dengan memahami secara mendalam perihal topik yang Anda tulis. Semakin Anda paham, maka bobot tabrakan pena Anda pun semakin tinggi. Jangan ragu untuk riset sumber-sumber bacaan yang terkait dengan topik Anda. Tulis artikel dari hati dan niatkan untuk memberi informasi atau pengetahuan bagi pembaca artikel Anda. Dengan begitu ada kesungguhan untuk membuat artikel dengan sepenuh hati. Tidak asal copy paste sana-sini.

 

e. Temukan dan Gunakan Keyword LSI

Cara baru ialah menggunakan Keyword LSI. LSI yakni Latent Semantic Index, merupakan fitur yang di adopsi oleh mesin pencari Google untuk mengerti maksud dari artikel. Apple bermakna ambigu antara buah atau nama perusahaan. Perlu kata-kata yang mengelilingi kata utama semoga Google sanggup membaca kata yang di maksud. Seperti referensi ini:

 

gunakan Keyword LSI untuk memberitahu mesin pencari bahwa artikel kita relevan dengan yang diinginkan user. Masukkan keyword LSI dalam artikel Anda tanpa mengulang-ulang keyword yang sama dan bold. Contoh dari berguru Gitar:

Tuangkan dalam artikel seperti ini:

Hari ini kita akan mencar ilmu cara bermain gitar untuk pemula.

10 tahun yang kemudian saya pertama kali berguru bermain gitar secara mencar ilmu sendiri menggunakan suatu teknik yang sangat efektif sehingga saya sanggup jadi jago dalam 6 bulan. Kali ini saya akan mengajarkan teknik yang sama semoga Anda juga mampu jadi jago dengan cepat.

Silahkan persiapkan gitar akustik atau klasik. Pertama-tama, kita akan berguru bermain melodi dari beberapa lagu gampang.

Selamat mencoba!

 

Baca artikel menarik lainnya:

5 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca dan Mengena Hati Pembaca

Bagaimana Membuat Artikel Yang Menarik Dan Pasti Dibaca Banyak Orang?

5 Poin Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Menginspirasi

Tinggalkan komentar