5 Cara Membangun Mindset Sukses Yang Berkelanjutan

Banyak langkah yang akan anda lakukan nanti namun tiaplangkah tersebut sering mengalami hambatan. Hambatan bukan hanya menjadi penghalang seseorang untuk sukses namun kendala tersebut kadang menjadi penyebab kegagalan yang beruntun bagi seseorang.

Orang yang tidak bisa mengatasi hambatan akan sulit bagi mereka untuk mencapai kesuksesan. Tidak semua apa yang diupayakan dalam hidup seseorang juga akan mengalami hal yang simpel dan mulus. Naik turun dan duduk kasus dalam dunia ini yaitu hal yang biasa. Kadang bisnis bisa menjadikan seseorang sukses namun kadang bisnis bisa menghancurkan seseorang.

Saat bisnis menimbulkan polemik dalam diri anda dan anda tidak bisa mengatasinya, apa yang akan anda lakukan? Bangkit dari keterpurukan sekalipn itu pahit namun berdiri bukanlah hal yang simpel dilakukan. Kadang anda mempunyai konsep pikiran yang baik namun dikala anda menjalaninya ternyata konsep tersebut jauh dari apa yang anda bayangkan.

Mindset yaitu salah satu serpihan dalam hidup anda dan ini bisa menjadikan anda lebih baik dari keadaan sebelumnya. Sayangnya tidak semua orang mempunyai mindset yang baik untuk menjalani dan bertahan dari keterpurukan.

A. Pengertian Mind

Mind atau pikiran yaitu penting untuk diketahui siapa saja. Tanpa mind sesoerang mungkin tidak bisa mengatur hidupnya bahkan sulit untuk meraih masa depannya. Ada banyak pengertian mind yang perlu anda ketahui dan konsep ini akan memudahkan anda untuk lebih sukses.

Berikut beberapa pengertian mind:

• Merupakan konsep pikiran seseorang yang mampu dipahami dengan berbagai cara secara tradisional.

• Pemahaman tersebut bisa dimulai dari aminalisme maupun panpsychism dari pandangan keagamaan yang telah terorganisir.

• Pikiran atau mind terbentuk dari pemikiran cerdas maupun pengalaman dibawah kesadaran seseorang

• Mind mempunyai atribut penting diantaranya yakni kecerdikan, memori, imajinasi, emosi, perhatian, persepsi dan terbebas dari kapasitas untuk berkomunikasi

2. Pengertian Mindset

Hampir sama dengan mind, mindset merupakan hal yang bisa mensugesti seseorang dalam hidupnya. Mindset bisa membuat seseorang menajdi kaya ilmu namun mindset juga bisa menciptakan orang tidak berdaya.

Mindset berasal dari kata mind dan set

Mind : Sumber memori maupun pikiran manusia

Memusatkan kesadaran untuk menghasilkan perasaan, pemikiran, ilham maupun persepsi untuk penyimpanan pengetahuan maupun memori

Set : Mengutamakan kemampuan suatu aktivitas dalam keadaaan yang utuh

Mindset adalah :

o Suatu kepercayaan yang mempengaruhi sikap atau tingkah laku seseorang

o Suatu cara berpikir untuk menentukan sikap maupun pandangan masa depan seseorang

o Sikap seseorang yang menentukan suatu respon maupun pemaknaan situasi yang sedang dialami

o Kepercayaan dan cara berpikir seseorang yang akan mempengaruhi sikap maupun sikap seseorang untuk menentukan keberhasilan hidup

B. Macam-macam mindset

Dalam perkembangannya mindset memang besar lengan berkuasa bagi kehidupan seseorang bahkan tanpa mindset orang tersebut akan sulit mencapai apa yang dicita-citakan. Mindset menjadi kepingan penting dalam kehidupan seseorang namun banyak diantara mereka yang tidak memahami mindset yang dmilikinya dan kurang bisa mengelola mindsetnya.

Berikut adalah macam-macam mindset yang dimiliki orang:

• Mindset positif

Suatu pemikiran yang melibatkan hal yang lebih menguntungkan untuk menjadikan seseorang lebih baik dari keadaan semula Mindset memungkinkan seseorang untuk meraih kesuksesan. Hal ini menimbulkan gairah yang luar biasa pada seseorang dan mindset positif selalu dibutuhkan untuk hidup yang lebih baik. Mindset selalu menimbulkan sikap yang jauh lebih berharga dari sikap sebelumnya.

Pemikiran yang selalu mengedepankan keinginan untuk mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik lagi. Mindset positif akan membangun karakteristik seseorang yang kuat.

Mindset akan membentuk kepribadian yang matang, berani menghadapi tantangan dan lebih kuat dalam menghadapi segala permasalahan hidup. Mindset positif tiba dari kepercayaan dan keyakinan kuat wacana diri sendiri. Mindset positif sanggup mengubah seseorang menjadi apa yang mereka inginkan. Mindset positif ini akan meyakinkan seseorang bahwa dirinya bisa menjadi yang lebih baik dati orang lain. Konsepdari mindset inilah yang banyak dicari dan bisa membuat seseorang menjadi lebih professional.

• Mindset negative

Mindset negative merupakan pikiran seseorang yang bisa mensugesti sikap atau perilakunya menjadi lebih buruk dari keadaan ketika ini. Mindset negatif sering menjadikan rasa malas untuk berdiri. Mindset negative menjadikan kekacauan pikiran bakan bisa menimbulkan stress dan putus asa. Semakin banyak mindset negative maka semakin terpuruk keadaan seseorang.

Mindset negative harus dibuang perlahan-lahan namun dengan tujuan yang terang. Pada dasarnya mindset negative berasal dari keraguan seseorang terhadap suatu hal yang belum niscaya benar adanya.

Apabila seseorang mempunyai mindset negativ dan tetaptertanam dalam dirinya,maka ia tidak akan bisa menjadi mirip yang dia inginkan. Mindset negariv yaitu racun dalam diri seseorang yang bisa menimbulkan persoalan. Mindset ini akan menciptakan seorang menjadi takut tanpa ada karena yang pasti bahkan seseorang akan menjadi ketakutan dalam jangka waktu yang usang.

3. Mindset dan kesuksesan

o Manusia banyak yang mengalami keputus asaan yang bisa menghandurkan tujuan mereka

o Hidup anda tidak seindah yang anda bayangkan

o Tiap orang berbeda-beda dalam mengembangkan mindset positif mereka

o Pengembangan mindset yang buruk akan mempengaruhi kegagalan seseorang

o Pengembangan mindset yang baik akan mempengaruhi kesuksesan seseorang

Sukses pengaruh dari Mindset?

Mindset positif merupakan pondasi untuk mencapai kesuksesan seseorang. eseorang yang bisa memiliki pandangan luas akan mempunyai mindset yang positif. Kesuksesan berafiliasi bersahabat dengan mindset positif maupun pandangan luas.

Mindset menjadi kekuatan supra natural namun bukan kekuatan magic. Mindset positif merupakan kekuatan yang ada pada diri anda sendiri.

Kesuksesan seseorang bisa terjadi karena dia yakin dengan memampuan yang ada pada dirinya. Kemampuan tersebut bahwasanya tidak begitu besar namun alasannya ialah dia menanamkan mindset positif dalam dirinya sehingga apa yang menjadi ketakutannya akan hilang dengan sendirinya.

Kekuatan mindset positif dalam mempengaruhi pola pikir dan tingkah laris seseorang akan membantu mereka untuk mendapatkan kesuksesan yang dibutuhkan. Bila anda melihat orang-orang yang sukses, mereka kadang tiidak mempunyai pendidikan yang tiinggi namun mereka sukses alasannya mempunyai mindset positif.

Menanamkan mindset positif dalam diri sendiri kadang sangat sulit bahkan sering mengalami kegagalan. Tapi dikala anda ingin sukses dan tidak kalah dengan orang lain,mindset akan terbentuk dengan sendirinya bahkan anda yakin dengan kesuksesan yang akan anda miliki nanti.

Tanamkan mindset poositif dalam diri anda dan kekuatan mindset tersebut akan membuat anda semakin yakin dengan kemampuan yang anda miliki. Kemampuan dan keyakinan yang tertanam dalam diri seseorang yaitu kunci untuk meraih sukses.

Bagaimana seseorang bisa gagal?

Dibalik sukses tentu ada kegagalan yang kadang sangat menyakitkan, orang yang sukses tidak semudah yang anda bayangkan. Kesuksesan yang mereka dapatkan ialah hasil jerih payah dan kadang menjadikan kegagalan yang nmenyakitkan. Seseorang yang gagal bukan berarti dia bodoh atau dia tidak menguasai bidanng namun kegagalan yang dialaminya itu terjadi sebab beberapa hal.

Berikut beberapa hal yang menimbulkan seseorang menjadi gagal:

o Kegagalan bagian dari mindset negative yang timbul secara langsung untuk menghancurkan beberapa hal yang dianggap penting untuk perubahan.

o Seseorang yang gagal cenderung mempunyai mindset yang negative dibandingkan mindset positif, bahkan sebelum mereka berperang melawan apa yang mereka takutkan.

o Ketakutan sama dengan mindset negative

o Takut akan menghantui pikiran seseorang sehingga mengakibatkan kekacauan dan pada kesudahannya bisa mengakibatkan kegagalan.

o Kegagalan terjadi ketika banyak orang merasa lelah dengan keadaan yang tidak berubah, pikiran negative dengan ketakutan yang luar biasa.

o Gagal sebetulnya awal kesuksesan, namun alasannya ialah midset negative tidak bisa dihilangkan sehingga kegagalan akan timbul secara bertubi-tubi dan pada akhirnya akan menimbulkan kehancuran bisnis maupun kehidupan seseorang.

• Motivasi dan mindset positif

Motivasi akan mempengaruhi pikiran seseorang bahkan akan mengubah mindset negative menjadi mindset positif seseorang. Bila seseorang mempunyai pikiran positif maka akan praktis mereka membangun kekuatan dalam diri untuk lebih sukses. Motivasi mendorong mindset negative segera hilang, seorang motivator berperan penting untuk membangun mindset positif seseorang.

Motivasi ialah kekuatan yang bisa mendorong sesoerang menajdi lebih baik,sayangnya tidak semua orang simpel termotivasi. Dengan motivasi akan timbul mindset positif seseorang bahkan motivasi bisa mengubah seseorang yang menanamkan mindset negative. Seringnya seseorang mendapat motivasi atau alasannya mereka menginginkan sesuatu yang akan dicapai nanti maka dia akan terus termotivasi dengan keinginannya. Dari motivasi ini ia bisa menyebarkan mindset positif secara terus menerus.

4. Mindset dalam menghadapi kegagalan

Konsep large number dan mindset

o Tidak semua mindset yang dibentuk akan berhasil, kadang ada kegagalan dalam mengembangkan mindset

Kegagalan dalam membuatkan mindset mungkin bukan hanya terjadi satu kali namun berkali-kali. Bila anda ingin membuatkan diri maka jangan hiraukan kegagalan dalam menyebarkan mindset anda.

Terus yakin bahwa anda bisa membuatkan mindset positif maka secara tidak pribadi konsep tersebut akan membuat ajaran anda menjadi lebih baik lagi.

o Kegagalan tidak akan terjadi bila anda mau belajar dari orang yang telah sukses

Banyak kesuksesan yang tiba dari motivasi orang lain, kegagalan tersebut timbul karena anda tidak mau mencar ilmu dari orang yang telah sukses sebelumnya. Bila anda berguru dari orang sukses, kesuksesan mereka juga bisa anda rasakan dan ini akan mendorong anda untuk menjadi orang yang sukses dan sama dengan mereka.

o Kegagalan dalam mengembangkan mindset dipengaruhi oleh konsep Large Number

Konsep large number memang berpengaruh besar terhadap mindset seseorang. Bila anda ingin menyebarkan mindset positif maka anda bisa mempelajari lebih dalam perihal konsep tersebut.

o Konsep large number banyak digunakan untuk berbagai perusahaan terutama oleh industry dan manajemen pemasaran

o Memadukan konsep Large Number dan positif thingking akan mengubah cara pandang dan pikiran seseorang

Cobalah anda menguban pola pikir yang ndeso dan cenderung pada mindset negative dengan berpikir ke arah mindset positif. Anda bisa memadukan fatwa positif dengan konsep large number supaya pola pikir anda juga bermetamorfosis lebih baik.

5. Cara membangun mindset positif

o Percaya diri

Karena mindset positif tiba dari kepercayaan diri dan mindset negative tiba dari keraguan. Jangan ragu dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri. Karena dikala anda bisa mempercayai kekuatan yang ada pada diri sendiri yang telah dibangun melalui motivasi. Hindari alasan sebagai kebiasaan jikalau ingin sukses membangun mindset positif. Alasan akan membunuh kepercayaan, keinginan dan kekuatan pada diri sendiri.

Ketakutan yang ditimbulkan oleh mindset negative tersebut menimbulkan seseorang membatasi diri sendiri akan ketakutannya. Mereka akan bersugesti bahwa untuk mendapat kesuksesan mereka tidak mungkin bisa melakukannya.

Mereka akan berpikir kegagalan dan tidak pernah menghargai diri mereka sendiri bahwa mereka bergotong-royong berharga bagi orang lain. Lihatlah sisi baik yang ainda miliki, apa keistimewaan anda dari lainnya.

Hal ini akan mengakibatkan kepercayaan diri yang kuat dan menghilangkan mindset negative yang menjadikan keterpurukan diri sendiri. Dengan menanamkan kepercayaan diri maka seseorang akan mempunyai jiwa pemberani dan pantang menyerah. Kepercayaan diri ini timbul lantaran mereka mempunyai mindset positif yang tertaman dalam pikirannya.

o Seimbangkan pikiran

Kenalilah cara berpikir anda sendiri, kenali otak anda mempunyai cara kerja yang berbeda dan saling mensugesti hidup anda sendiri. Cara kerja otak kanan dan otak kiri memang berbeda namun memiliki tujuan yang sama untuk mendapatkan tujuan yang lebih baik.

Otak kiri untuk ketahanan, menganalisa keadaan, menghitung dan menentukan. Otak kanan bekerja untuk ke majuan dan progress dan untuk mendapat kepuasan.

Kedua otak yang bekerja harus seimbang, keseimbangan pikiran akan memudahkan kesuksesan seseorang. Keseimbangan pikiran akan memudahkan seseorang untuk fokus terhadap tujuan utama.

o Kendalikan emosi anda

Emosi bisa menghancurkan tujuan seseorang untuk sukses. Emosi sering dipicu oleh mindset negative yang tak terkendali dan menguasai otak seseorang. Keseimbangan dalam emosi maupun perasaan adalah hal penting untuk bertahan dari aneka macam duduk masalah.

Tanpa keseimbangan emosi seseorang akan memiliki harapan, dia lebih banyak memiliki keputusasaan dan hanurnya semua impian. Keseimbangan emosi akan memperbaiki mood atau perasaan seseorang.

Seseorang yang sering emosi, mereka justru tiidak akan bisa memecahkan massalah yang dihadapinya.

Emosi akan menjadikan kinerja seseorang terganggu, menggangu pekerjaan dan akan merubah mindset positif mereka menjadi mindset negative. Untuk menghadapi emosi yang sering timbul, anda bisa memulai segala sesuatu dengan senyuman. Kelihatannya hal ini memang sepele namun dengan tersenyum anda akan mengurangi resiko emosi yang meledak-ledak.

Seseorang yang sednag emosi tidak akan bisa berpikir secara jernih dan tidak akan sanggup mencapai apa yang dibutuhkan. Senyuman akan membawa anda larut dalam emosi dan dengan pedoman positif segala bentuk emosi tidak akan menggangu anda.

o Move on

Keseimbangan pikiran dan keseimbangan emosi akan menawarkan peluang yang gampang untuk tetap bergerak. Tanpa keseimbangan emosi dan pikiran seseorang hanya akan jalan ditempat dan tidak akaa ada perubahan. Jika bergerak aktif dengan keyakinan yang kuat maka akan terjadi perubahan yang sangat berarti bagi kehidupan seseorang.

Keep moving dan anda akan terus menjaga keseimbangan pikiran serta emosi untuk kesuksesan. Anda akan terus berjalan ke arah yang benar dan tetap hingga mencapai tujuan yang dibutuhkan. Move on bukan berarti anda melupakan hal yang penting dari hal sebelumnya. Dengan berjalan dan berpindah aka nada kesuksesan yang anda inginkan.

Mulailah untuk bergerak dan pastikan gerak anda sempurna pada sasaran, jangan takut dengan bayang-bayang sendiri sebelum tujuan berhasil.

Bergerak untuk menerima sesuatu yang lebih baik yaitu langkah seseorang success mindset. Mereka yang sukses akan memiliki mindset positif dan mereka akan terus melangkah untuk mencari sesuatu yang lebih baik dari keadaan sebelumnya. Sebagai referensi dikala anda bekerja disuatu pabrik. Ada beberapa hal yang membuat anda merasa tidak nyaman dengan suasana kantor sehingga alternative yang anda pilih yakni mencari daerah kerja lainnya.

 

Sumber: edubisnis.net

Tinggalkan komentar