5 Cara Memaksimalkan Teknik Word Of Mouth Untuk Pemasaran Bisnis

Mungkin sebagian dari kita ingat jika strategi Word of Mouth dalam marketing sebuah bisnis jauh lebih efektif ketimbang 1000 kata yang kita tuliskan untuk pelanggan. Dari Word of Mouth yang tercipta di masyarakat, akan banyak orang yang tahu dan mengenal bisnis kita. Dari rekomendasi mereka juga pelanggan bisa berkata WAW untuk produk kita.

Namun perlu diketahui bahwa dari Word of Mouth juga bisnis kita bisa mempunyai penilaian dan reputasi yang buruk di masyarakat. Ini membuat para pebisnis harus benar-benar waspada ketika hendak menciptakan dan menggunakan seni manajemen ini untuk menjalankan promosi bisnisnya.

Dan berikut ini kami bagikan taktik untuk memaksimalkan teknik Word of Mouth untuk bisnis Anda.

1. Mengidentifikasi dan mentargetkan influencer Anda

Influencer dalah seseornag yang aktif di media umum dan blog yang bisa mempromosikan postingan atau bisnis kita kepada orang lain. Seorang pakar pemasaran Jay Bear mengatakan bahwa “Word of Mouth atau promosi memberi imbas yang sangat besar terhadap tindakan, bukan hanya pada kesadaran” Ini mengambarkan bahwa konsumen sangat menaruh percaya pada pihak ketika jauh lebih besar untuk sebuah bisnis. Untuk itu mengelola pembaca atau influencer kita yaitu hal yang sangat penting dilakukan. Tapi cobalah untuk tahu terlebih dahulu siapa orang yang ingin Anda targetkan. Siapa yang harusnya membaca dan merekomendasikan blog atau bisnis Anda. Sehingga membuat mereka bukan hanya mau membaca tapi juga melakukan tindakan.

2. Menggunakan emosi sebagai medianya

Make a wish Foundation dikenal atas dedikasi mereka dalam mengabulkan cita-cita belum remaja yang mengidap penyakit dan mengancam jiwa mereka. Ini membuat orang menyadari bahwa mereka tersebut bisa memperlihatkan manfaat untuk orang lain. Dan organisasi non profit seolah-olah ini bisa mengabulkan seruan Miles Scott, seorang pengidap penyakit kanker berusia 5 tahun untuk menjadi superhero, Batman dalam 1 hari saja.

Pada aktivitas terbesar yang mendapat banyak santunan dari pemerintah dan juga penegak hukum ini, Make a Wish sanggup mengumpulkan 1,89 juta pengunjung di akun sosial media mereka, 555.697 hashtags #Batkid, 2,5 juta hit yang dihasilkan dalam waktu 3 hari untuk liputan pers termasuk artikel yang dimuat di BuzzFeed, lebih dari 21.683 like Instagram dan foto di Twitter yang juga meningkatkan sumbangan.

3. Terus melibatkan masyarakat dan pelanggan

Dalam hal ini sering kita dengar perihal CRM atau Customer Relation Management yang dilakukan oleh banyak perusahaan atau bisnis di Indonesia. Beberapa organisasi ataupun kemudahan masyarakat diciptakan secara cuma-cuma untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun tidak berhenti di situ, dalam hal ini juga dipromosikan merek atau produk yang mereka jual.

4. Berikan pelanggan sesuatu yang sedang ramai dibicarakan dengan menghubungkan produk atau jasa Anda

Lebih dari setengah pemilik usaha kecil menyampaikan bahwa mereka akan meningkatkan perutmbuhan bisnis dengan berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan mereka yang sudah ada. Mereka memiliki taktik yang sempurna untuk dijalankan dari hari ke hari. Menciptakan pengalaman pelanggan memang menjadi sebuah kewajiban sebab ini akan membantu mengembangkan merek di masyarakat. Ini leih dari sekedar derma hadiah atau promosi produk lainnya. Ini lebih kepada berkomunikasi dan memperlakukan orang-orang yang menjaga bisnis Anda.

5. Berikan kemudahan bagi mereka untuk menunjukkan review

Salah satu hal yang paling buruk yaitu ketika kita tidak memperlihatkan pelanggan kemudahan untuk mempromosikan bisnis kita. Sulitnya mereka membuat ulasan, merekomendasi dan berkomunikasisi dengan sahabat mereka perihal merek bisnis Anda. Kita bisa membuat akun fanspage ataupun mempunyai sebuah kolom atau halaman khusus di website untuk memfasilitasi pelanggan dalam menyampaikan review mereka untuk bisnis kita.

Word of Mouth adalah bentuk tertua dari sebuah iklan, dan ini masih sangat berperan besar dalam proses promosi bisnis Anda. Untuk memaksimalkan strategi bisnis ini kita bisa mengikuti seminar ataupun workshop yang banyak dihadiri oleh para pebisnis. Menjalin banyak pertemanan dan hubungan bisnis. Sehingga lebih simpel mempromosikan bisnis kepada para pebisnis lainnya.

Bagaimana memulai usaha dari 0 hingga

Ketika semua usaha pemasaran kita gagal dan menghabiskan banyak uang yang kita miliki, maka word of mouth yaitu salah satu yang paling banyak dilakukan dan sangat efektif untuk membantu meningkatkan keberhasilan sebuah seni manajemen pemasaran.

Tidak perduli seberapa canggih teknologi yang ada dikala ini. Terpenting dari sebuah pemasaran merek ialah bahwa pelanggan sanggup memahami dan mengerti perihal merek dan bisnis kita. Dengan kata lain, pengalaman pelanggan ialah kunci utama kesuksesan sebuah bisnis. Dari mereka bisnis kita sanggup dikenal oleh lebih banyak orang di luaran sana yang bahkan sebelumnya tidak mengenal dan tidak membutuhkan solusi dari kita.

Tinggalkan komentar