5 Cara Google Analytics Menemukan Topik Yang Relevan Untuk Marketing Di Sosial Media

Sosial media merupakan kanal komunikasi yang banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Bukan hanya untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh dari jangkauan kita, namun sosial media sudah erat menjadi media untuk mempromosikan bisnis kita. Sebagai peluang bisnis, sosial media bisa mempromosikan konten yang shareable, menarik dan juga berpotensi menjadi materi pemasaran yang sukses.

Dan tahukah Anda Google Analytics ternyata bukan hanya berfungsi untuk mengetahui seberapa besar aktivitas di website kita. Tapi Google Analytics juga mempunyai kegunaan untuk membantu kita menerima ide dan topik untuk bisa membuat konten yang relevan di sosial media.

Google analytics merupakan platform yang menyediakan banyak daya dan info yang berkaitan dengan website dan pengunjung website. Pemilik bisnis dan websmaster menggunakan data ini untuk memilih bagaimana membuat website yang lebih baik, meningkatkan pengalaman pengunjung dan yang lebih penting, menerima wawasan untuk menyebarkan bisnis digital.

Dan beberapa hal yang bisa membantu kita mendapat pandangan gres dan menemukan konten yang relevan untuk marketing sosial media ialah…..

1. Interest Categories

Interest Categories didasarkan pada pengguna yang mengunjungi website Anda. Google akan mengkategorikan mereka berdasarkan halaman atau konten yang menjadi minat pengunjung, seperti gaya hidup dan pembelian produk. Minat dapat ditemukan di fitur “Audience” di Google Analytics. Dengan menggunakan gosip ini, kita bisa menentukan dan menciptakan konten menurut minat seseorang, seolah-olah film, musik, bisnis, brita, wisata dan kategori lainnya yang mengunjungi website, atau sasaran pengunjung.

2. Keywords

Cara yang lain untuk mengetahui kepentingan anggota atau target audience Anda ialah dengan mempelajari kata kunci apa yang sering dipakai di website Anda. Dengan kata lain, ketika sejumlah orang memakai kata kunci yang sama, maka ini merupakan potensi besar yang menarik audiens lainnya. Sebab dengan kata kunci ini, website kita simpel ditemukan di mesin pencari, bahkan sekarang pun di sosial media juga bisa dengan simpel menemukan ketertarikan melalui keyword yang sering dipakai.

3. Search feature on your website

Fitur pencarian di website Anda yakni salah satu fitur yang paling sering diabaikan. Tapi ternyata fitur itu yang paling banyak digunakan oleh pengunjung untuk mencari konten di website Anda. Anda bukan hanya bisa menemukan istilah menarik dari pengunjung website Anda. Tapi juga mengukur seberapa pentingnya dan relevansi untuk target audiens Anda, berdasarkan berapa banyak pengunjung yang telah melakukan pencarian dengan keyword serupa. Setelah itu Anda juga dapat menyusun daftar topik konten berdasarkan istilah pencarian pengunjung website Anda.

4. Comments on blogs

Setiap pengunjung yang meninggalkan komentar di postingan Anda, itu artinya mereka sudah menunjukkan tingkat keterlibatan engan konten Anda. Sehingga semakin banyak komentar yang ada, dan jenis yang berbeda dari komentar tersebut, maka kebutuhan pengunjung pun akan semakin majemuk. Sehingga ini menawarkan kita info konten apa saja yang diharapkan oleh pengunjung website kita.

5. Pages visitors frequent the most

Fitur yang satu ini akan sangat mempunyai kegunaan bagi Anda yang ingin mengumpulkan indikasi jenis konten atau topik apa saja yang paling menarik minat pengunjung. Dengan melihat analytics, Anda mampu memilih halaman atau postingan blog pengunjung yang paling banyak dilihat. Di sini juga akan kita tahu seberapa banyak waktu yang mereka habiskan di sana. Dengan menggunakan info ini, Anda sanggup menghasilkan konten yang sesuai dengan audiens Anda.

Dengan mencari tahu apa yang membuat pengunjung website Anda tertarik untuk membaca di website Anda, Anda pun bisa membuat konten yang shareable di sosial media. Untuk Anda yang masih ingin belajar berbisnis dan mengembangkan strategi bisnis dengan sosial media, Anda bisa mengikuti seminar Pahlawan Digital #4. Yang akan tuntas membahas tentang seni administrasi marketing Facebook dan juga Instagram bagi bisnis kecil.

1

Jadi, untuk Anda yang masih ingin memulai bisnis dan ragu dengan kemampuan marketing yang Anda miliki, Anda bisa mengasahnya di seminar dan Workshop ini. Anda bisa melihat info lengkapnya di halaman gosip berikut ini.

Tinggalkan komentar