4 Tantangan Bisnis Online Dan Tips Menghadapinya

Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Tantangan Bisnis Online – Dalam menjalankan bisnis, tak jarang kita menemukan tantangan. Hal ini juga berlaku ketika mengelola bisnis online. Kira-kira, apa saja tantangan dalam mengelola bisnis online? Bagaimanakah cara menghadapinya? Simak ulasannya berikut ini.

Mulai berbisnis online, harus siap dengan banyak sekali tantangan!

Mindset tersebut harus Anda tanamkan sejak memulai bisnis online. Yap, akan selalu ada tantangan yang akan Anda hadapi dalam berbisnis. Tentunya, segala tantangan niscaya bisa dilewati. Anda perlu bermental tangguh dan tidak praktis menyerah.

Inilah deretan tantangan bisnis online

1. Customer yang bermasalah

Dalam menjalankan bisnis online, Anda tidak bertatap muka secara langsung ketika berinteraksi dengan customer. Beberapa oknum customer memanfaatkannya dan berbuat semena-mena. Mereka kerap bersikap jahil saat memesan produk dari online shop miliki kita.

Ada customer yang tidak mau disiplin mengikuti prosedur pemesanan yang telah ditetapkan. Ada yang hit and run, alias tiba-datang membatalkan pesanan. Tentunya, hal ini sanggup menjadi fatal dan berpotensi menjadikan kerugian.

Ada beberapa cara agar terhindar dari customer bermasalah. Pertama, buatlah prosedur atau alur pemesanan secara step by step, sehingga pemesanan dilakukan secara tertata. Kedua, buatlah sistem konfirmasi pemesanan. Jika tak kunjung konfirmasi, jangan kirimkan pesanan customer tersebut, sebab hal tersebut mengindikasikan ketidakseriusan untuk melaksanakan pemesanan.

2. Rentan terjadi penipuan

Penipuan sangat marak terjadi di dunia maya. Modus penipuan pun beragam bentuknya. Siapapun bisa tersandung kasus penipuan, baik seller maupun customer.

Berlaku jujurlah sebagai seller, berikan layanan yang prima untuk customer. Yakinkan para customer bahwa mereka tidak perlu resah untuk memesan produk dari Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menampilkan testimoni positif dari customer terdahulu.

Dari sisi seller, salah satu modus penipuan yang kerap dialami adalah tertipu distributor. Cermati baik-baik distributor yang hendak dituju. Kalau perlu, carilah informasi dari seller lainnya mengenai distributor tersebut, apakah memang bisa dipercaya?

3. Customer tidak loyal alasannya ialah kepincut kompetitor

Dalam berbisnis online, persaingannya sangat ketat. Anda akan menemukan banyak kompetitor. Kalah saing sedikit bisa berakibat fatal. Oleh karenanya, mungkin saja jika suatu hari customer menjadi tidak loyal, mereka tidak memesan kembali dari Anda.

Buatlah online shop Anda terlihat menonjol dari kompetitor lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama adalah memastikan bahwa produk yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas. Kedua adalah gencar dalam melakukan branding bisnis. Tunjukkan sesuatu yang unik dan menjadi identitas khas bisnis.

Selain itu, jangan pernah bosan untuk melakukan riset terhadap para kompetitor bisnis. Temukan celah kekurangan dalam pelayanannya, buatlah solusinya untuk diterapkan di bisnis Anda. Hal ini juga dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan insight dalam menciptakan inovasi, lho.

4. Diintai bahaya hacker

Hacker pun gemar menarget para pelaku bisnis. Aksi hacking atau pembajakan yang dilakukan bermacam-macam, semua ditujukan untuk mengganggu aktivitas website atau akun bisnis online.

Hindari hacker dengan selalu bersikap waspada. Lakukan pengawasan terhadap website serta akun bisnis Anda. Jangan pernah buka link yang random.

Kini, terdapat jasa cybersecurity atau keamanan data di dunia maya. Segera hubungi mereka kalau Anda mendapatkan duduk kasus pembajakan.

Pasti ada jalan untuk setiap tantangan bisnis online

Mustahil bila suatu bisnis online berjalan mulus tanpa tantangan. Namun demikian, percayalah bahwa setiap tantangan yang tiba pasti disertai dengan jalan. Anda pasti akan menemukan solusi atas segala permasalahan. Hal yang terpenting ialah untuk selalu memperkaya wawasan.

Dapatkan berbagai insight dan wawasan seputar bisnis online hanya dari Mebiso, media mencar ilmu bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Tinggalkan komentar