4 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Ketika Pelanggan Terindikasi Mengalami Stres

Dalam membeli suatu barang seorang pelanggan menilai kualitas barang serta harga barang itu sendiri, kemudian tetapkan membeli apa dan dimana serta tidak sungkan merekomendasikan pada orang lain. Dalam kegiatan tersebut tentu tidak luput dari penggunaan emosi. Celakanya, banyak perusahaan yang tidak mengantisipasi hal ini sehingga tidak bisa mengurangi dampak negatif pada ketika melakukan penawaran di kemudian hari.

Semakin simpel dan memahami emosi pelanggan maka semakin mudah mengambil hati dan menyampaikan produk pada pelanggan. Menurut Leonard L. Berry dalam postingannya di Harvard business review, ada 4 hal yang perlu Anda lakukan demi meminimalisir emosi buruk pelanggan.

1. Identifikasi pemicu emosional

Mengidentifikasi pemicu emosional seseorang sangatlah dibutuhkan dalam setiap pelayanan. Identifikasi terlebih dahulu mengenai pelayanan seolah-olah apa yang sangat disukai pelanggan, sehingga sanggup Anda terapkan pada pelanggan yang mengkomplain produk/ jasa Anda.

2. Tanggapi dari awal emosi pelanggan

Bisnis memang tidak lepas dari adanya pelayanan yang buruk, sehingga emosi pelanggan pun bisa saja menjadi buruk. Sehingga diperlukan sebuah komunikasi yang bisa menyampaikan dampak besar dalam merubah emosi pelanggan tersebut.

3. Meningkatkan kontrol terhadap pelanggan

Desain ulang pelayanan yang kini sudah ada untuk menyampaikan kontrol yang lebih besar dan ketenangan pikiran pelangggan.

4. Rekrut karyawan yang sempurna dan persiapkan mereka dengan baik

Hal yang perlu dipikirkan dikala mempunyai karyawan adalah mereka bisa mengambil hati pelanggan serta tidak mudah terbawa emosi saat ada pelanggan komplain. Persiapkan karyawan untuk selalu siap menghadapi banyak sekali macam emosi pelanggan.

Dalam melayani pelanggan dibutuhkan totalitas dari pebisnis. Hal ini pula yang diperlukan demi meningkatkan kualitas pelayanan. Sudah tahukah Anda bahwa banyak pebisnis sukses yang tidak menyepelekan pelayanan sehingga disukai oleh pelanggannya.

 

Tinggalkan komentar