3 Strategi Viral Marketing Untuk Bisnis Anda

Promosi menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi anda yang memiliki bisnis atau usaha di bidang apapun.

Tanpa promosi maka siapa yang akan mengenal usaha anda? Bukan tidak mungkin usang kelamaan perjuangan anda malah akan melarat. Dalam sebuah promosi memang terkadang membuat kita harus mau mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun timbal balik yang akan anda dapatkan juga sesuai dengan apa yang sudah anda keluarkan.

Tidak heran bila terkadang biaya promosi mencapai nominal yang sangat besar apalagi jika anda melaksanakan promosi sampai ke banyak sekali daerah dan memakai aneka macam macam media yang tidak murah. Namun untuk bisa dikenal secara luas memang memerlukan usaha yang cukup keras.

Salah satu strategi dalam pemasaran atau promosi adalah strategi viral.

Saat ini aneka macam seni manajemen tentu saja harus dipikirkan dengan matang sehingga yang namanya promosi tidak hanya sekedar mengeluarkan biaya besar namun juga perlu dilihat seberapa efisien alasannya ialah nantinya harus dituangkan ke dalam pembukuan usaha anda. Kesalahan dalam menentukan media promosi bukan malah menguntungkan anda tetapi malah menciptakan usaha anda justru menjadi lebih sulit.

Nah, dengan seni administrasi viral maka anda akan menggunakan cara yang berbeda dalam promosi perjuangan anda. Efek viral lah nantinya yang diharapkan bisa terjadi sehingga harapannya bisa mendongkrak penjualan menjadi jauh lebih besar secara jangka panjang untuk naik secara signifikan.

Manfaatkan cara promosi kovensional dan dengan menggunakan sarana digital secara bersamaan alasannya dikala ini semakin banyak orang yang aktif secara online.

Jika promosi konvensional yakni dengan memakai iklan di banner, iklan di Koran dan majalah, pamphlet, brosur atau selebaran dan jikalau promosi online bisa dengan siaran di radion, promosi di social media, dll.

Diharapkan dengan perpaduan kata-kata yang menarik, visual gambar yang membuat orang ingin tau nantinya efek viral akan tercipta.

Efek viral sendiri dimaksudkan yakni konsumen secara sadar atau tidak memberitahukan mengenai usaha anda ke konsumen yang lain yang ditemuinya. Bukankah promosi paling cepat ialah dari ekspresi ke ekspresi? Nah, hal itulah yang kita harapkan dari sebuah taktik viral.

Berikut ini yaitu beberapa cara jitu yang bisa anda lakukan untuk bisnis anda untuk mendapat efek viral yang positif. Tentunya bila imbas viral sudah berhasil dicapai harapannya bisnis anda bisa melebarkan sayap semakin besar dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

• Kejutan

Konsumen paling senang dengan yang namanya kejutan. Berikan kejutan yang tak terduga sama sekali oleh konsumen anda. Contoh kejutannya bisa seperti ini. Misalkan anda punya usaha kawasan makan atau restaurant dan semua seat full oleh pengunjung yang berarti restaurant anda sedang ramai-ramainya bukan?

Anda bisa mengumumkan ketika itu bahwa semua pengunjung yang berada disana berhak mendapat diskon untuk kuliner dan minuman yang dipesan sebesar 50% hanya selama 15 atau 30 menit saja.

Nah, ini tentu saja akan menjadi kejutan yang menyenangkan bagi konsumen yang berada disana dan niscaya secara tidak pribadi membuat mereka akan ingin memesan makanan sebanyak mungkin alasannya yaitu sedang ada promo special yang berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Yakinlah bahwa setiap orang yang berada disana nantinya akan menceritakan hal baik itu kepada orang lain yang mereka temui entah keluarganya, sahabatnya atau koleganya. Dan disanalah dampak viral mulai bekerja.

• Pelayanan Maksimal

Bukan diam-diam lagi jikalau konsumen bahagia dengan pelayanan maksimal untuk apa saja yang mereka inginkan.

Misalnya makanan yang mereka pesan tidak sengaja tumpah karena tersenggol anaknya, jangan ragu untuk pribadi mengganti masakan dengan yang gres tanpa membebankan charge harga komplemen kepada konsumen anda. Dijamin lain waktu konsumen tersebut akan tiba lagi bahkan mungkin dengan jumlah orang yang lebih banyak karena rasa puas pada pelayanan yang anda berikan.

• Cari Tahu Apa Favorite Konsumen

Mungkin anda tahu kalau pengunjung restaurant anda rata-rata setiap harinya yaitu anak muda yang hobby dengan sepak bola atau yang gemar makan maka anda bisa secara khusus mengadakan jadwal nonton bareng plus bonusnya anda mendatangkan secara pribadi pemain sepakbola yang sedang naik daun. Siapa yang bisa menolak moment seperti ini?

• Endorse Public Figure

Bukan sebuah hal gres lagi kalau rasa percaya konsumen terhadap suatu produk ialah dilihat dari siapa yang memakannya atau yang mengenakannya.

Misalkan saja sajian andalan restaurant anda ternyata dimakan langsung oleh seorang artis favorite kemudian kemudian posting fotonya di social media restaurant anda dan pasang juga fotonya di restaurant anda.

Ini akan membuat konsumen anda jauh lebih percaya untuk tiba dan menikmati semua hidangan disini berserta memberitakan kabar tersebut ke orang lain untuk juga mencicipi masakan ditempat anda.

Nah, hal diatas bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin mencoba mendatangkan dampak viral bagi usaha anda. Tentunya memang anda juga harus bakir dan kreatif sehingga promosi bisa berjalan dengan maksimal dan berhasil mengenai target yang anda harapkan.

Aktif promosi dengan akun social media anda juga sangat baik. Jangan lupa berikan kejutan special berupa voucher bagi yang berulang tahun atau yang sedang merayakan keberhasilan mirip lulus sarjana, wisuda, promosi jabatan dan lainnya.

Anda juga sanggup mengadakan kuis kemudian siapa yang berhasil menjawab akan mendapat hadiah special dari anda. Hal mirip ini akan sangat cepat sekali menyebar terutama di kalangan anak muda.

 

 

Sumber: edubisnis.net

Foto: MalangStrudel.com

Tinggalkan komentar