3 Menit Memahami Apa Itu Content Marketing

3 Menit Memahami Apa Itu Content Marketing – Bagaimana cara mencapai target penjualan? Bagaimana cara mengembangkan usaha? Bagaimana menarik perhatian konsumen terhadap produk Anda?

Konsumen memiliki ketertarikan pada sebuah produk atau jasa dari berbagai hal. Ada yang tertarik dari iklan, video, dan bahkan dari word of mouth. Berbagai sumber yang menarik konsumen tersebut harus pandai digunakan oleh entrepreneur untuk meningkatkan trust konsumen terhadap merk atau produknya. Ketika trust terbangun maka penjualan akan meningkat dengan sendirinya.

Di zaman perkembangan teknologi yang masif seperti saat ini, gaya marketing yang tradisional mulai ditinggalkan. Bukan tanpa alasan. Hal ini terjadi karena kecepatan dan kemudahan informasi dapat mudah diakses calon konsumen. Entrepreneur dituntut untuk memiliki entrepreneur intelegence (EIQ), yaitu kemampuan untuk pandai menyesuaikan diri dengan situasi yang ada. Salah satunya adalah memahami content marketing.

Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang entepreneur atau bermimpi menjadi entrepreneur, yuk pelajari dulu Content Marketing, jurus jitu mendapat lebih banyak konsumen.

 

  1. Content Marketing yakni sebuah seni menjual

Gary Vaynerchuk menginspirasi siapa saja yang ingin menjual produk atau jasanya dengan sebuah kalimat, “Marketing yang hebat adalah perihal menceritakan cerita Anda yang bisa terhubung dengan banyak orang dan membujuk mereka untuk membeli apa yang Anda jual.”. Seni membujuk yang dikatakan Gary sebagai trik terhebat yang harus dimiliki oleh marketing ini harus dikuasai jika ingin melakukan content marketing. Content marketing institute mengatakan bahwa content marketing adalah sebuah strategi pendekatan kepada konsumen melalui berbagai medium yang bertujuan untuk menjual produk atau jasa. Tujuan menjual ini harus tercapai. Jika gagal menaikkan angka penjualan, Anda harus memeriksa ulang mengnai pemahaman Anda terkait content marketing. Memahami tujuan dari konsep content marketing ini, maka ini bisa dipraktikan dalam skala bisnis besar maupun kecil.

  1. Content marketing bisa dilakukan dengan banyak sekali medium

Menawarkan membutuhkan usaha. Semakin banyak usaha Anda maka peluang Anda makin terbuka lebar. Di tahun 2018, We Are Social dan Hootsuite menerbitkan hasil survei bahwa kini terdapat 4 milyar pengguna internet aktif di dunia. Besarnya jumlah ini adalah peluang bagi entrepreneur. Memanfaatkan besarnya pengguna internet aktif, content marketing menjadi semakin simpel diterapkan. Sederhananya, makin banyak medium yang bisa digunakan tentunya makin besar peluang calon konsumen yang mengetahuinya. Ada beberapa medium yang bisa praktis Anda gunakan dikala ini, ibarat website, blog dan media sosial. Kontennya pun bisa berupa goresan pena, video dan audio. Semuanya praktis dibagikan kepada target market Anda. Anda hanya butuh menciptakan konten yang bagus kemudian bagikan!

  1. Content marketing memerlukan seni administrasi

Merencanakan strategi esensinya adalah memilih apa yang seharusnya tidak dilakukan. Bayangkan saja jika seorang entreprenur zaman kini menghabiskan waktunya untuk banyak gagal dalam kesalahan yang sama. Tentu akan menjadi lelucon. Begitu banyaknya sumber ilmu yang dapat dipelajari, harusnya memperkecil kegagalan dan kesalahan. Banyak buku, artikel dan sumber lainnya mengenai content marketing yang excellent. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah. Ketika merencanakan strategi, Anda diminta untuk memahami industri usaha Anda. Selain itu, Anda juga diminta untuk memahami karakter konsumen Anda. Jika Anda berhasil menemukan keunikannya, maka Anda akan mudah untuk meracik formula untuk content marketing Anda. Karena marketing tidak akan pernah berhasil tanpa konten yang manis.

Mengenal konsep ini gampang. Pahami, lakukan dan latihlah terus-menerus.

 

Baca artikel menarik lainnya:

5 Tips membangun kepercayaan pelanggan online melalui konten marketing

7 Pelajaran dalam membuat konten marketing yang diminati

5 Alasan konten marketing sangat diharapkan untuk bisnis kecil

Tinggalkan komentar