3 Menit Cara Memulai Bisnis Online Melalui Marketplace, Simak Ulasannya!

Manfaat Berjualan Online di Perusahaan Jualan Online

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk memulai sebuah bisnis. Mulai dari modal yang besar hingga modal yang minim sekalipun atau mulai dari membuat toko jualan sendiri hingga berjualan tanpa toko seperti jualan online ini. Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung menjadi pengguna marketplace untuk sementara ini. Misalnya saja, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk promosi barang karena pihak penyedia layanan sudah memberikan lapak untuk Anda atau yang lazim kita sebut sebagai marketplace. Untuk Anda yang ingin memulai berjualan online, yuk simak bagaimana cara memulai bisnis online di marketplace.

Cara Berjualan Online di Shopee

Nah, Anda niscaya tahu Shopee kan? Perusahaan ini ialah satu diantara perusahaan online yang sedang bersinar di Indonesia. Harga yang mirip ditambah dengan gratis ongkos kirim untuk pembelian pada harga tertentu menciptakan Shopee menjadi lahan yang sering dikunjungi banyak konsumen. Hal ini cocok untuk Anda yang ingin berjualan alasannya yaitu pasar Anda banyak!

Cara berjualan di Shopee terbilang cukup mudah. Anda tentunya harus memiliki akun terlebih dahulu. Cara buatnya praktis, klik “daftar” pada cuilan atas kanan website (bila buka dari laptop) lalu akan muncul biodata yang harus Anda isikan. Pada cuilan biodata, hal yang terpenting yakni verifikasi nomor HP. Makara Anda sanggup mempunyai akun Shopee hanya melalui nomor hape saja dan email. Setelah bergabung menjadi member Shopee, Anda kemudian bisa eksklusif berjualan. Pertama, pastikan bahwa produk yang Anda jual sudah bebas dari daftar produk yang dihentikan oleh pihak Shopee contohnya:

  1. Minuman beralkohol
  2. Binatang
  3. Kosmetik yang sudah bekas
  4. Jual mata uang (mata uang digital juga tidak ada)
  5. Obat-obatan tanpa resep (contohnya seakan-akan obat besar lengan berkuasa atau obat perangsang)
  6. Perangkat penyadapan
  7. Senjata api baik itu replika, air soft gun, bius maupun yang lainnya.

Secara umum, barang yang dilarang yaitu barang – barang yang mempunyai risiko dan berbahaya bagi calon konsumen. Nah, sehabis semuanya sudah sesuai, Anda bisa pribadi mengunggah gambar Anda pada laman yang tersedia serta mencatumkan deskripsi produk sekaligus harganya.

Cara Berjualan Online di Bukalapak

Sama seolah-olah shopee, Anda juga perlu daftar dahulu menjadi member Bukalapak. Terdapat lima langkah dalam berjualan di Bukalapak, yaitu:

  1. Meng-upload barang yang hendak dijual. Jual barang dengan klik ikon yang terletak di header website.

  1. Membuat deskripsi produk. Berikan informasi terkait produk yang Anda jual, baik itu ukuran barang, bertanya, kondisi barangnya hingga harga jualnya.

  1. Berikan detail produk. Anda juga bisa menambahkan gambar pelengkap misalnya varian barang atau video yang lebih menggambarkan barang yang Anda jual.

  1. Klik Jual. Setelah semuanya sudah baiklah. Langsung aja meng-klik penggalan tombol “jual” pada laman Bukalapak.

Untuk Anda yang masih pemula, website Bukalapak memberikan solusi dengan menyediakan kelas offline dan online mencar ilmu berjualan di Bukalapak. Anda akan mendapat pengalaman dari para ahlinya. Di Bukalapak disebut dengan webinar. Anda bisa mendaftar webinar secara online maupun offline. Akan ada dua pilihan yakni “daftar webinar komunitas” yang ditujukan untuk Anda yang berguru online serta “daftar kelas ngelapak komunitas” yang diperuntukkan untuk offline. Bahkan, Anda juga bisa mengecek video yang diupload oleh webinar komunitas supaya memperoleh tips dan trik berjualan di Bukalapak.

Cara Berjualan Online di Lazada

Buatlah akun Lazada terlebih dahulu, Anda hanya perlu mendaftar dengan nomor telepon dan menyebutkan dimana lokasi toko atau lokasi penjualan Anda. Kemudian sehabis sudah login dengan akun, klik potongan “daftar menjadi penjual sekarang” pada laman website Lazada.

Untuk lebih jelasnya, berikut yakni langkah – langkah untuk berjualan di Lazada, yuk simak apa saja:

  1. Langkah Pertama. Anda harus registrasi online dan juga aktivasi akun lazada

  1. Langkah Kedua. Setelah aktivasi akun, langsung masukkan dokumen yang diminta oleh pihak Lazada seolah-olah scan KTP dan juga buku halaman depan tabungan Anda)

  1. Langkah Ketiga. Anda bisa pribadi  meng-upload produk yang ingin dijual

  1. Langkah Keempat. Sudah akhir! Selamat Anda sudah menjadi potongan dari Lazada.

Nah, perlu Anda ketahui, manfaat menjadi penjual di Lazada yaitu bebas penalty dan juga bebas komisi. Juga gratis ongkos kirim loh. Kemudian, Lazada juga memberikan training kepada para penjualnya, sama seolah-olah Bukalapak, Lazada juga mempunyai kelas pembinaan (webinar) supaya para penjual sukses dan berhasil dalam berbisnis. Ayo buruan menjadi salah satu penjual online di Lazada!

Cara Berjualan Online di Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu perusahan jualan online yang banyak mengikutsertakan artis – artis dan juga selebram dalam ajang promosinya sehingga mengakibatkan top of mind di para pengguna dan calon penggunanya. Nah, untuk cara berjualannya sendiri tergolong mudah. Berikut yakni banyak sekali langkah yang harus Anda lakukan untuk berjualan di Tokopedia:

  1. Lakukan registrasi terlebih dahulu. Pada langkah ini, Anda akan membuat akun sebagai penjual. Registrasi ini tentunya dapat dilakukan jika Anda sudah memiliki akun pada Tokopedia. Bagi Anda yang belum ada, sign up dulu ya.

  1. Setelah teregistrasi sebagai penjual, Anda sudah sanggup meng-upload produk Anda. Sama seperti perusahaan yang sudah disebutkan di atas, tokopedia juga membuka layanan seputar info terbaru kepada para penjual. Disini akan ada komunitas yang dapat saling membuatkan dan bertukar pengalaman seputar berjualan di tokopedia.

 

Nah, sekian informasi mengenai cara memulai bisnis online, supaya bemanfaat bagi Anda ya!

 

Baca artikel menarik lainnya:

5 Cara Usaha Online Yang Menguntungkan, Simak Di Sini Caranya!

3 Cara Praktis Cari Uang Online Yang Lagi Hits

6 Cara Mencari Uang dari Internet dengan Praktis

Tinggalkan komentar