3 Cara Mudah Menemukan Inspirasi Konten

Menemukan pandangan baru konten – Sebagai pemilik bisnis online, penulis konten, atau social media manager, Anda niscaya membutuhkan cara untuk menemukan ide konten yang bisa menarik minat calon pelanggan, pembaca, atau pengikut Anda.

Tak bisa dipungkiri bahwa konten telah menjadi aset digital paling berharga yang bisa dimiliki oleh suatu bisnis atau merk personal.

Konten yang baik akan mendatangkan pembaca, pengikut, dan pelanggan setia. Namun, konten yang berkualitas anggun sulit dibuat.

Mengapa demikian?

Proses pembuatan konten berkualitas bisa memakan waktu usang lantaran konten yang dibentuk haruslah sanggup mengungguli konten-konten lain yang sejenis.

Untuk mempermudah Anda dalam menciptakan konten, Mebiso telah merangkumkan 3 cara mudah untuk mencari inspirasi konten yang sanggup pribadi Anda praktekkan.

inspirasi konten didapat dari keluhan pelanggan
Sumber gambar: pexels.com/@moose-photos-170195

1. Inspirasi konten tiba dari permasalahan calon pelanggan Anda

Calon pelanggan Anda ialah sumber inspirasi konten utama yang bisa selalu Anda eksplorasi.

Bisnis online Anda bisa tumbuh dan berkembang alasannya yakni bisnis tersebut merampungkan permasalahan pelanggan.

Contohnya bisnis online yang menjual obat pelangsing merampungkan permasalahan pelanggan yakni kasus berat tubuh.

Nah, permasalahan tersebut bisa Anda jadikan sumber wangsit untuk membuat konten.

Misal dalam contoh di atas tentang problem berat tubuh Anda bisa menciptakan konten perihal faktor-faktor yang menimbulkan obesitas atau bagaimana cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Agar konten yang Anda buat sempurna sasaran, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai kasus yang dikeluhkan calon pelanggan Anda. Anda juga bisa lho mengamati komentar atau pesan mereka media umum bisnis online Anda.

Tips ini tidak hanya berlaku untuk pemilik bisnis online saja. Untuk Anda yang berprofesi sebagai penulis konten atau social media manager yang sedang mencari ide konten, Anda sanggup menemukan keluh kesah pembaca atau follower merk tempat Anda bekerja di media umum perusahaan Anda.

ide konten dari tren dan data pencarian
Sumber gambar: pexels.com/@pixabay

2. Tren dan data pencarian yakni sumber ide konten simpel

Di zaman kini, orang-orang lebih memilih menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi atau konten yang mereka butuhkan dan Google menjadi tempat rujukan utama.

Sebagai mesin pencari, Google memiliki milyaran data pencarian (termasuk tren) dari semua penggunanya yang berasal dari berbagai dunia, tak terkecuali Indonesia.

Data-data tersebut saat ini telah dikumpulkan dan dijadikan referensi melalui dua situs gratisan ini lho.

Pertama, Ubersuggest. Lewat situs ini, Anda bisa menemukan banyaknya pencarian suatu kata kunci di mesin pencari Google.

Anda sanggup menggunakan berita tersebut untuk Anda jadikan pertimbangan apakah Anda akan menggunakan kata kunci yang Anda masukkan atau tidak.

Kedua, Google Trends. Google Trends yakni situs buatan Google yang sanggup memberi tahu Anda tren suatu pencarian.

Misal, untuk kata kunci “gamis”, Google Trend akan menampilkan banyaknya pencarian untuk kata kunci tersebut dari bulan ke bulan. Di situ Anda sanggup menjumpai pada bulan apa kata kunci “gamis” banyak dicari orang.

Gunakan Google Trends ini untuk mencari topik-topik yang sedang hangat dibicarakan dan jadikan topik tersebut pandangan baru Anda untuk menciptakan konten.

tanya jawab lewat quora
Sumber gambar: pexels.com/@pixabay

3. Buat konten dari tanya jawab yang Ada di Quora

Rasa penasaran yakni salah satu kodrat insan. Lewat rasa ingin tau ini, manusia mengajukan pertanyaan dan menyingkap misteri-misteri dunia.

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan mesin pencari Google untuk mencari berita untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam benak mereka.

Namun, Google ternyata tidak cukup anggun dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit dan spesifik.

Oleh karena itu, muncullah situs web bernama Quora yang menunjukkan jawaban lebih lengkap dari yang bisa diberi Google.

Berbeda dengan Google, Quora bisa diibaratkan menyerupai media umum. Lewat Quora, pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari pengguna lain.

Selain itu, pengguna juga bisa menyampaikan jawaban untuk pertanyaan yang diajukan pengguna lain.

Quora sendiri sudah memiliki situs web khusus untuk pengguna berbahasa Indonesia. Sudah banyak pengguna yang mulai menggunakan Quora untuk saling tanya jawab.

Anda bisa memanfaatkan situs ini untuk pandangan gres membuat konten. Lewat Quora, Anda bisa mencari pertanyaan (dan tanggapan) sesuai dengan topik dari bisnis online, situs web, atau akun media umum Anda.

Itulah 3 cara mudah yang bisa Anda praktikkan untuk mencari pandangan gres konten. Jadi, jangan menunggu inspirasi untuk tiba ya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

5 Hal yang Penting yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membuat dan Mengeksekusi Strategi Media Sosial

6 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Menulis Listicle

7 Alasan yang Membuat Start-up Gagal Bertahan Hidup

Tinggalkan komentar