15 Kualitas Terbaik Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Menjadi seorang atasan mungkin terlihat menggiurkan bagi sebagian orang yang sudah lama berkecimpung di dunia industri. Memiliki wewenang yang besar untuk melaksanakan banyak hal, memerintah banyak orang dan mendapatkan banyak laba di dalamnya. Menjadi seorang atasan di suatu bidang tertentu mungkin menjadi salah satu tujuan dari karir seorang karyawan. Tapi tahukah Anda? Menjadi seorang atasan, tidak sama dengan seorang leader.

Ya, jikalau berbicara tentang leader. Bukan hanya mereka yang sibuk dan asik memerintah. Bukan pula mereka yang banyak berbicara tanpa memberikan pinjaman untuk berkembang bersama rekan kerja ataupun bawahan mereka. Tapi menjadi seorang leader yakni dikala dimana seseorang mempunyai kemampuan untuk mengelola banyak manusia dengan ajaran dan sifat yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama.

Ya, tidak banyak orang yang betah dengan huruf seorang atasan, tapi justru banyak orang yang ingin turut menjadi seorang leader. Nah, nyatanya menjadi leader memiliki beberapa kualitas yang harus ada di setiap pribadi manusia. Apa saja itu?

  1. Fokus

Seorang pemimpin atau leader harus bisa memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat. Fokus yakni hal yang harus dimiliki oleh banyak sekali leader bukan hanya di sebuah perusahaan, tapi juga seolah-olah komunitas, organisasi dan lain sebagainya. Setiap pemimpin harus mempunyai tingkat fokus yang tinggi. Ia harus sanggup memutuskan sesuatu di ketika waktu yang mendesak sekalipun.

  1. Keyakinan

Kepercayaan bukan hanya diberikan oleh bawahan kepada leadernya. Ini bukan sekedar percaya apakah leader yang kita pilih cocok, pas dan sesuai dengan visi dan misi yang diemban. Tapi keyakinan ini juga harus ditanamkan kepada seorang leader kepada bawahan mereka. Setiap leader harus memperlihatkan kepercayaan bahwa bawahan mereka bisa melaksanakan dan melaksanakan setiap pekerjaan yang memiliki visi dan misi bersama.

  1. Transparansi

Setiap karyawan mengharapkan sebuah transparansi di dalam perusahaannya. Baik dengan organisasi, rekan kerja maupun dengan leader mereka. Transparansi ini akan membantu setiap karyawan untuk lebih bersemangat dalam mengabdikan dirinya untuk perusahaan. Dan menciptakan mereka konsisten sepenuhnya terhadap apa yang mereka berikan kepada perusahaan.

  1. Integritas

Menjadi seorang pemimpin atau leader dengan integritas yang tinggi terhadap bawahan ataupun perusahaan memang hal yang sedikit sulit. Dengan perubahan yang akan selalu ada, setiap pemimpin diperlukan mempunyai integritas yang tidak menurun, bahkan nantinya cenderung meningkat. Tentu saja untuk mendukung perkembangan baik dari segi perusahaan maupun sumber daya insan yang dipimpinnya.

  1. Inspiratif

Membantu dalam hal bekerja mungkin menjadi kualitas leader yang diharapkan setiap karyawan. Salah satunya yaitu meningkatkan semangat setiap karyawan. Melalui motivasi yang menginspirasi setiap karyawan, maka leader akan mendapatkan tempat yang tinggi di hati bawahannya.

  1. Semangat

Membantu dalam banyak hal tentu membutuhkan semangat yang tidak sedikit. Ya, setiap leader harus mempunyai semangat yang luar biasa besar. Bukan untuk diri bawahan atau karyawan mereka, tapi juga untuk meningkatkan kualitas diri mereka sendiri. Bersikap positif dan meningkatkan semangat akan membantu setiap leader berkembang.

  1. Inovasi

Tidak bisa dipungkiri, berkembangnya teknologi memperlihatkan keleluasaan untuk kita mengembangkan kemampuan atau potensi diri kita. Setiap leader dibutuhkan bisa berinovasi terhadap setiap perkembangan zaman maupun sumber daya yang terbatas. Ya, penemuan tetap harus berkembang.

  1. Kesabaran

Menjadi sabar untuk seorang leader atau pemimpin bukanlah hal yang simpel. Tapi mengatur setiap emosi harus selalu diterapkan. Tidak bisa dielakkan lagi, kalau akan ada banyak duduk perkara yang tiba, tapi bagaimana menghadapinya dengan hati sabar yaitu kuncinya.

  1. Tenang

Selain sabar, kualitas lainnya yaitu ketenangan. Sabar dan hening dalam mendapatkan, mengahdapi dan menuntaskan duduk kasus yang dihadapi harus selalu diterapkan. Tenang akan memperlihatkan banyak kemudahan bagi seorang leader untuk menghadapi dilema dan melaksanakan banyak hal.

  1. Asli

Setiap insan memang memakai topeng untuk bisa beradaptasi dan diterima oleh lingkungan, tidak termasuk seorang leder. Dengan sedikit topeng kewibawaan dan akal, atau bahkan sikap beraninya, ada kalanya seorang leader pun juga harus memperlihatkan diri mereka yang bekerjsama.

  1. Keterbukaan berpikir

Membuka pikiran dan memperluas wawasan akan meningkatkan kualitas setiap leader saat mereka harus memimpin. Pemimpin dengan fatwa yang terus berkembang akan membuat mereka praktis mengikuti keadaan dengan perubahan zaman. Terlebih dengan kebutuhan dan keharusan organisasi mereka berkembang di masyarakat ataupun pasar.

  1. Tegas

Mungkin kualitas yang satu ini akan sangat diingat oleh siapapun. Pemimpin atau leader harus mempunyai sisi tegas di dalam dirinya. Mereka ialah seorang pemimpin yang mempunyai wewenang untuk memutuskan sesuatu hal. Ketegasan seorang pemimpin juga akan membantunya dalam mengadili setiap kesalahan dan kebenaran yang ada.

  1. Kepribadian yang kuat

Setiap orang unik, setiap orang mempunyai perbedaan dari orang lain di sekitar mereka. Itu sebabnya, menjadi seorang pemimpin atau leader harus mempunyai kepribadian yang kuat. Mereka harus bisa memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Kepribadian yang berpengaruh ini akan menjadi ciri khas tersendiri bagi setiap pemimpin.

  1. Memiliki kemampuan memberdayakan

Bukan memerintah, namun lebih pada meminta tunjangan dalam menyelesaikan setiap tugas yang harus diselesaikan. Tidak akan memungkinkan kalau semua peran dikerjakan oleh 1 orang saja. Itu sebabnya seorang leader membutuhkan bawahan yang siap membantu. Dengan kemampuan memberdayakan inilah setiap pemimpin akan lebih gampang menuntaskan dan menggapai goals yang sudah ditetapkan bersama dengan bawahan mereka.

  1. Kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi ini sangat dibutuhkan oleh leader manapun. Kemampuan ini akan membantu setiap leader untuk memberikan visi, misi dan goals yang dimiliki kepada setiap karaywan atau bawahan mereka. Tidak ada batasan bahwa mereka yang pantas menjadi seorang leader adalah mereka yang berkepribadian ekstrovert. Karena telah dibuktikan beberapa leader di dunia ini yakni seorang introvert yang dikenal tidak banyak berbicara dan cenderung pemalu dan juga pendiam. Komunikasi di sini lebih pada kemampuan mengatakan maksud dengan pendekatan yang baik agar lebih gampang dipahami oleh siapapun yang mendengarkan.

Ya, begitulah setidaknya beberapa kemampuan dan kualitas yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi seorang leader yang kompeten. Tidak gampang dan tidak sedikit yang harus dikuasai. Tapi setiap orang bahu-membahu mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. Namun bagaimana mereka bisa dan mau mengembangkannya untuk menjadi seorang leader yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan ataupun organisasi mereka.

Tahukah Anda, menjadi seorang pemimpin mungkin sudah dilatih di berbagai organisasi sejak kita bersekolah ataupun ada di bangku kuliah. Program #PAHLAWANDIGITAL adalah salah satu yang akan membantu anak muda untuk banyak belajar tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin. Terlebih untuk bisnis yang akan mereka bangun sendiri. Mereka akan banyak belajar tentang memanage dan mengembangkan keahlian di bidang yang mereka geluti saat ini. Program yang disiapkan untuk anak muda ini juga akan melibatkan banyak UMKM di berbagai kota. Pengembangan ini akan membantu UMKM untuk mempromosikan produk mereka dengan keahlian yang dimiliki oleh anak muda. Cek sekarang juga untuk tahu lebih lanjut tentang apa itu program #PAHLAWANDIGITAL yang akan segera rilis.

Jadilah pemimpin yang amanah dan juga berdampak besar untuk sekitar, terutama Indonesia. 🙂

 

Tinggalkan komentar