15 Cara Sederhana Belajar Menjadi Pemimpin Sukses

Menjadi seorang pemimpin memang bukan kasus gampang. Selain harus bisa mengatasi masalah dan merampungkan pekerjaan pribadi, mereka harus bisa memanagement apapun jenis pekerjaan di dalam tim. Mengelola tim yakni tanggungjawab yang serius. Anda harus bisa membuat mereka antusias untuk datang bekerja dan menciptakan mereka mempercayakan kemampuan dan mendukung visi Anda.

Untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda perlu melaksanakan lebih dari sebuah pengawasan. Anda perlu ikut terlibat dan menginspirasi orang yang bekerja di bawah Anda. Bukan hanya untuk menyelesaikan dan membantu Anda, tapi untuk melampaui Anda. Dan bagaimana supaya kita bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses dalam banyak hal? Ini 15 teknik berguru yang mudah untuk diterapkan:

1. Mereka tahu teknik management waktu yang baik

Seorang pemimpin yang sukses tahu bagaimana mengelola waktu mereka. Ini sangatlah sederhana, karena bagaimanapun mereka orang yang peduli terhadap waktu baik untuk dirinya sendiri ataupun orang lain. Dan seorang pemimpin tidak akan merasa dirugikan ketika mereka dimintai tunjangan oleh orang lain. Mereka memang sibuk, tapi mereka tahu cara membagi waktu dan memanfaatkannya dengan sangat baik.

2. Mereka mengajukan solusi sesering mereka mengidentifikasi problem

Menemukan kesalahan memang sangatlah gampang, tapi bagaimana mengidentifikasi dan mendapatkan solusinya? Tentu tidak semudah itu. Seorang pemimpin akan fokus mencari solusi bukan hanya melihat masalah. Karena bagi mereka memperbaiki jauh lebih menguntungkan ketimbang hanya melihatnya saja.

3. Mereka orang yang tidak pernah berhenti berguru

Seorang pemimpin bukanlah mereka yang sudah bisa berhenti mencar ilmu. Mereka memang mempunyai kemampuan lebih dari bawahannya, tapi bukan berarti itu membuat mereka bisa berhenti untuk berguru. Justru mereka harus mencar ilmu jauh lebih keras semoga bisa terus membina bawahannya.

4. Mereka ialah orang yang menyampaikan perhatian penuh

Pemimpin yang sukses yaitu mereka yang tidak simpel terganggu, mereka mempunyai kemampuan untuk fokus untuk bekerja. Bukan hanya pada pekerjaan yang harus mereka perhatikan, tapi juga pada seluruh anggota atau bawahan mereka.

5. Mereka bersedia untuk mengalihkan planning yang sudah dimiliki

Untuk mencapai tujuan, mereka harus benar – benar fokus dan rela untuk mengalihkan rencana langsung mereka. Memang benar mereka mempunyai kehidupan pribadi dan rencana bahkan untuk sekedar berlibur. Tapi mereka rela dan bersedia untuk mengalihkan semuanya untuk merampungkan tugas sebagai pemimpin.

6. Mereka selalu tepat waktu

Pemimpin yang sukses memang harus bisa memanagement waktu dengan sangat baik. Artinya mereka tidak akan pernah terlambat. Mereka akan selalu sempurna waktu, mulai dari masuk kerja, menghadiri meeting dan juga melaksanakan monitoring kepada bawahan mereka.

7. Mereka menjauhi media sosial di siang hari

Waktu produktif kita bekerja memang di siang sampai sore hari. Itu sebabnya musuh terbesar dari kita yaitu rasa malas dan cita-cita untuk bersenang – senang. Namun seorang pemimpin akan rela menghilangkan impian tersebut seperti bermain sosial media di siang hari. Mereka tahu itu akan membuang – buang waktu mereka.

8. Mereka mempunyai banyak sobat

Selain sukses membangun kekerabatan baik dengan bawahan, mereka juga ahli dalam membangun hubungan baik dengan rekan atau bahkan orang lain di luar perusahaan. Mereka sukses memahami pentingnya membentuk dan membedakan kekerabatan langsung dan profesional.

9. Mereka berfikiran terbuka

Tidak ada orang yang tahu wacana semua hal yang ada disekitar mereka. Mereka tentu membutuhkan gosip dan pengetahuan dari orang lain. Bagi pemimpin yang sukses, mereka tidak akan menjadi “Sok Tahu” tapi mereka mau untuk berfikiran terbuka. Itulah yang membuat mereka akan tumbuh dengan sangat baik.

10. Mereka membantu bukannya mengkritik

Membuat kesalahan memang sudah menjadi hal yang harus dilakukan seseorang. Untuk berguru tujuan besarnya. Dan seorang pemimpin yang sukses bukan lagi mengkritik kesalahan yang dilakukan orang lain. Tapi mereka memberikan diri untuk membantu merampungkan itu semua.

11. Mereka selalu bertanggungjawab

Pemimpin yaitu panutan, contoh dan pedoman bagi bawahan dan orang lain yang bekerja bersamanya. Itu membuat setiap pekerjaan seorang pemimpin terlihat sangatlah berat. Mereka bukan hanya harus bekerja dengan sangat baik, tapi mereka harus bersedia bertanggungjawab dikala berbuat kesalahan.

12. Mereka sadar jikalau sukses itu pecahan dari kebruntungan

Menjadi seorang pemimpin tidak membuat kita harus menyombongkan diri. Kita harus sadar, bahwa kesuksesan sebagian dari kerja keras kita, doa kita dan juga keberuntungan yang Tuhan berikan untuk kita.

13. Mereka bisa membedakan urusan pribadi dan bisnis

Ada kalanya dikala kita berbisnis dengan sahabat dekat atau keluarga, akan ada banyak ajuan yang bisa jadi merugikan kita. Dan kelemahan kita ialah menolak mereka. Nah untuk mengantisipasi itu, Anda harus mau untuk menolak permintaan tersebut. Dengan cara yang sederhana dan tentu saja tidak menyakiti mereka.

14. Mereka mau untuk mendapatkan kritik dan opini orang lain

Seorang pemimpin sukses tidak akan berhenti membuatkan diri baik dengan ilmu ataupun dengan koreksi orang lain. Mereka mau mendapatkan kritik dan opini orang lain. Dan mereka bersedia untuk memperbaiki diri dengan menyesuaikan dengan keadaan.

15. Mereka menggunakan waktu dengan sangat baik

Dan ini adalah sumber daya seorang pemimpin yang paling berharga. Pemimpin yang sukses bisa berfikir dan memanage waktu dengan sangat hati – hati. Mereka menggunakan waktu dengan baik dan tidak membuang – buangnya dengan percuma.

Baca juga:

15 Perilaku Seorang Pemimpin Besar yang Bisa Ditiru

10 Kiat Cerdas Membangun Ketahanan Diri

10 Tips Untuk Sukses dari Richard Branson

Tinggalkan komentar