12 Kebiasaan Luar Biasa Untuk Pemimpin Kelas Dunia

Menurut Anda pemimpin hebat itu yang seperti apa? Apa yang harus selalu mereka lakukan? Dan apa yang menciptakan mereka menjadi pemimpin yang patut disegani?

Menjadi seorang pemimpin yang hebat memang bukan hal yang mudah. Terlebih ketika kita diamanahkan untuk membangun dan mengelola sebuah perusahaan kelas internasional. Berbagai keahlian harus benar-benar kita kuasai. Tentu saja bukan hanya tentang tingkat kecerdasan atau IQ kita. Tapi keseimbangan antara kecerdasan emosional juga harus dimiliki.

Seorang pemimpin besar bukan lagi mereka yang mempunyai cukup waktu untuk berguru banyak hal. Waktu yang tidak seberapa harus bisa dioptimalkan untuk bisa menghasilkan keahlian untuk memimpin yang hebat. Mereka harus mempunyai kebiasaan atau sikap sebagai seorang pemimpin yang luar biasa. Apa saja ya kira-kira? Berikut ini ulasannya:

Keberanian

Setiap orang tentu mendambakan sosok pemimpin yang berani, bertangguhjawab bahkan berwibawa. Bukan hanya sekedar untuk dihargai dan disegani, tapi seorang pemimpin juga harus sanggup menciptakan keputusan dengan tegas. Setiap pemimpin harus berani mengambil resiko dan juga membuat keputusan sulit untuk setiap kasus yang ia miliki.

Saat kita dipimpin oleh seseorang yang memiliki keberanian dalam hal apapun, tentu perilaku berani itu juga akan muncul di dalam diri kita. Kenapa bisa? Karena bagaimanapun seorang pemimpin yaitu panutan bagi siapapun yang dipimpinnya. Baik atau buruk sikap yang dimiliki seorang pemimpin tentu akan besar lengan berkuasa terhadap siapapun yang berada di bawah pimpinannya.

Keahlian berkomunikasi secara efektif

Komunikasi ialah bentuk nyata dari kehidupan manusia. Seorang pemimpin besar mempunyai keterampilan untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan komunikasinya. Tidak ada seorang pemimpin yang tidak pandai berkomunikasi bukan? Saya yakin termasuk Anda niscaya selalu mengembangkan keahlian berkomunikasi, baik kepada karyawan, sobat atau kekerabatan bisnis hingga dengan pelanggan.

Seorang pemimpin besar harus bisa berkomunikasi secara efektif setiap harinya. Baik secara langsung maupun melalui media, menyerupai surat, email dan media lainnya. Bisa dikatakan, Anda tidak bisa menjadi seorang pemimpin besar, hingga Anda menjadi seorang komunikator yang hebat.

Salah satu ciri komunikator hebat yaitu yang sanggup menginspirasi orang yang mendengarkan ucapannya. Mereka menciptakan koneksi yang kasatmata, mulai dari emosional hingga kepribadian mereka, terlepas dari jarak yang cukup jauh. Setiap pemimpin harus bisa memperlihatkan apapun yang ia butuhkan, apapun yang ia inginkan dan apa yang seharusnya dilakukan.

Rendah hati

Apa pendapat Anda jikalau dipimpin oleh seseorang yang arogan bahkan cenderung menyombongkan dirinya di depan banyak orang? Tentu Anda akan jengah dengan sikap mereka bukan?

Seorang pemimpin besar sudah seharusnya mempunyai perilaku rendah hati. Mereka memimpin dengan baik dan tidak memutuskan otoritas untuk posisi kepemimpinan mereka. Seorang pemimpin hebat tidak akan pernah merasa bahwa dirinya lebih baik dari orang lain. Bahkan seorang pemimpin yang hebat mau untuk melaksanakan pekerjaan yang sebenarnya bukan peran mereka. Seperti membantu karyawan dalam kerja bakti. Mereka tidak meminta karyawan mereka untuk selalu mengikuti dan mengerjakan apapun yang ia perintahnya. Jika memang bisa ia lakukan sendiri, maka dengan bahagia hati ia akan melakukannya.

Dermawan

Selain harus rendah hati, seorang pemimpin besar harus selalu murah hati. Mereka tidak segan membuatkan dengan orang lain. Baik ilmu, materi hingga tenaga yang mereka miliki. Pemimpin besar mirip Anda misalnya, pasti akan berkomitmen untuk membesarkan karyawan atau bawahan Anda bukan? Salah satu alasannya pasti lantaran tidak ada pemimpin besar yang terbentuk tanpa dorongan dari karyawan mereka.

Menjadi pemimpin selalu menciptakan Anda ingin berbuat lebih untuk karyawan Anda, salah satunya yakni dengan menginspirasi mereka untuk mencapai target pribadi maupun sasaran perusahaan. Inspirasi menyerupai ini sudah teruji sanggup membuat setiap tim kerja bisa sukses mencapai target.

Kesadaran diri

“Sungguh tidak masuk logika ketika seseorang harus memimpin orang lain, tapi mereka masih kesulitan memerintah diri mereka sendiri” Peribahasa Latin

Keberhasil seseorang dalam memimpin orang lain bermula dari kesuksesan mereka memimpin diri mereka sendiri. Jika kita bisa menipu banyak orang saat memimpin mereka, tapi tidak dikala memimpin diri sendiri. Jika Anda tahu kesadaran diri yakni dasar dari kecerdasan emosional seseorang. 90% pemimpin besar menyadari apa yang ia miliki dan apa yang belum mereka miliki. Tingginya kesadaran dari seorang pemimpin besar bisa diartikan bahwa mereka mempunyai gambaran yang terang dan akurat perihal gaya kepemimpinan mereka, selain itu juga untuk kekuatan dan kelemahan mereka sendiri. Saat Anda tahu apa kekuatan Anda dan kelemahan Anda, seni administrasi untuk mengatasinya tentu sudah Anda persiapkan bukan?

Patuh terhadap peraturan

Pernahkah Anda merasa enggan melaksanakan apa yang pemimpin Anda perintahkan? Apa yang menjadi alasan Anda melakukan hal itu?

Ya, setiap orang yang berada di dalam sebuah kepemimpinan selalu ingin menjalankan apapun yang diperintahkan baik oleh pemimpin mereka. Kita bisa mengasumsikan bahwa diri kita sebagai seorang yang dipimpin, apa yang ingin kita dapatkan ketika dipimpin oleh seseorang itu jugalah yang diinginkan oleh karyawan ketika kita memimpin mereka. Saat kita memperlihatkan apa yang mereka inginkan dari seorang pemimpin, tentu sikap bahagia dan patuh akan muncul secara alami.

Selalu bersemangat

Pemimpin besar mirip Anda pasti mempunyai kesukaan atau ketertarikan yang lebih terhadap sesuatu bukan? Tapi kembali kita mengingat bahwa setiap pemimpin besar selalu sanggup menyeimbangkan apapun yang mereka sukai dengan apa yang harus mereka lakukan. Tidak jarang mereka harus rela keluar dari zona nyaman dan melakukan hal yang gres.

Dengan tidak mengurangi sedikitpun semangat mereka dalam melaksanakan hal gres, mereka justru menunjukkan antusiasme yang lebih terhadap hal baru yang ia kerjakan. Bahkan mereka membagi semangat kepada seluruh orang yang ada disekitarnya, termasuk karyawan tentunya.

Berpengaruh

Kita semua tahu bahwa setiap pemimpin harus mempunyai visi yang terang. Ini dilakukan terperinci alasannya ialah pengikut atau karyawan kita membutuhkan keputusan yang terperinci dari karyawan. Seorang pemimpin besar harus mampu kuat terhadap siapapun yang ia pimpin. Baik dari apapun yang ia katakan sampai yang ia lakukan terhadap orang lain.

Percaya diri

Seorang pemimpin besar memiliki diam-membisu terbesar di dalam dirinya, yaitu mereka mempunyai rasa percaya diri yang besar. Rasa percaya diri diharapkan supaya kita bisa secara tegas memimpin dan mengambil keputusan. Bahkan untuk berbicara di depan orang banyak, seorang pemimpin bukan hanya harus pandai berkata-kata tapi juga percaya diri dengan apa yang ia katakan. Karena pemimpin yang percaya diri dengan apa yang ia katakan akan praktis menerima kepercayaan dari para pendengarnya.

Terbuka

Pemimpin besar yaitu mereka yang menyambut dengan baik setiap tantangan, kritikan dan juga pendapat dari banyak orang. Mereka tahu bahwa apapun yang mereka lakukan bukan semata-mata untuk diri sendiri. Bahkan mereka tahu siapa dari karyawan mereka yang tidak bisa memperlihatkan pendapat alasannya yaitu malu ataupun takut. Pemimpin besar seakan-akan Anda tentu akan memastikan bahwa setiap karyawan sanggup menyampaikan aspirasi mereka dan membantu Anda mengembangkan perusahaan bersama. Setiap ide yang diterimanya tidak serta merta dilakukan, karena bagaimanapun harus dipertimbangkan baik atau buruknya.

Nah, kalau Anda berencana untuk menjadi seorang pemimpin besar baik di dalam perusahaan, organisasi bahkan negara ini, apa yang harus Anda miliki? Kesepuluh kebaisaan diataskah? Atau Anda memiliki pendapat lainnya? 🙂

Tinggalkan komentar