10 Tips Para Founder Sukses Dalam Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Menjalani profesi sebagai seorang entrepreneur membutuhkan ketrampilan untuk memadukan seni kepemimpinan dan kreativitas yang baik terutama untuk meningkatkan produktivitas. Beberapa hal kadang membuat seorang entrepreneur kesulitan, tapi dikala berhasil menjalaninya tentu Anda akan sangat bahagia!

Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh 10 founder ternama untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Yuk simak!

1. Catat semua hal

Founder dari Zuckeberg Media, Randi Zuckerberg menekankan betapa pentingnya mencatat segala hal di catatan pribadi Anda. Catatan ini akan sangat berguna karena bisa menjadi bahan perbincangan Randi dengan tim bisnisnya ataupun suaminya. Randi biasanya menggunakan aplikasi Evernote ataupun aplikasi pencatat di smartphone nya. Yuk ikut install aplikasi semacam ini juga!

2. Percayai karyawan Anda

“To be trusted is a greater compliment than being loved.”, kalimat yang disampaikan oleh George Macdonald ini menggambarkan betapa pentingnya memberikan kepercayaan kepada orang lain. Amber Venz, founder dari RewardStyle pun mengatakan hal demikian. Seorang entrepreneur akan praktis meningkatkan produktivitas bisnisnya hanya kalau ia bisa menunjukkan keyakinan penuh kepada karyawannya.

3. Buat semua hal simpel dibagikan ke tim Anda

Tentu menjalankan bisnis Anda akan disibukkan oleh berbagai tujuan. Baik tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang. Sebagai entrepreneur yang ingin meningkatkan produktivitasnya, Julia Hartz founder Everbrite memberikan bahwa aksesibilitas dan kecepatan dalam membagi info di suatu tim yakni faktor penentu yang lebih banyak didominasi. Ia mencontohkan bahwa dengan memakai satu medium sebagai sentra berita yang dapat diakses oleh semua anggota tim Anda bisa membuat segala hal menjadi lebih efektif dan efisien!

4. Kurangi intensitas membuka email

Terdengar abstrak? Tidak untuk Tim Chen. Ia menyampaikan bahwa dengan mengurangi intensitasnya membuka email tiap hari akan membantunya untuk fokus terhadap hal lain dalam bisnis.

5. Aktiflah setiap hari

Bastian Lehmann dari Postmann mengatakan bahwa aktif beraktivitas setiap hari akan menumbuhkan passion Anda setiap hari untuk menjalankan bisnis Anda. Selain itu juga berdasarkan data yang dikeluarkan healt.gov pada tahun 2005, dengan aktif bergerak setiap hari minimal 30 menit Anda akan terhindar dari potensi terkena penyakit kritis. Menakjubkan!

6. Tidur lebih awal, berdiri lebih pagi

Zaman sekarang kita sering melupakan hal paling esensial dari kehidupan manusia, yaitu tidur. Apalagi entrepreneur sibuk selalu punya alasan untuk mengurangi waktu tidurnya dengan alasan harus mengerjakan urusan bisnisnya. Tapi tidak untuk David Bladow dari BloomThat. Ia memberikan bahwa kini ia membiasakan diri untuk tidur lebih awal sehingga ia mampu berdiri lebih pagi. Apa keuntungannya? Ia menyampaikan dirinya jauh  lebih produktif setiap harinya!

7. Matikan gadget Anda

Tidak mungkin! Mana bisa mematikan gadget di era digital? Ya, hal ini tidak berlaku untuk Daniella Yacobovsky dari BaubleBar. Ia bercerita bahwa dulu ia pernah merasa sangat bersalah karena terjebak dengan gadgetnya. Ia jadi tidak bisa lepas setiap menit dari aktivitas membuka gadget.  Hal ini diakuinya membuat Daniella menjadi tidak produktif. Berdasarkan pengalamannya ini, ia kini membiasakan diri  untuk mematikan gadgetnya eecara rutin.

8. Bekerja tanpa interupsi

Layaknya jadwal yang diberikan dokter untuk meminum obat pada tiap resepnya, begitu pula menjalankan bisnis. Entrepreneur memiliki kelebihan pada waktu yang lebih fleksibel jikalau dibandingkan dengan pekerja. Tetapi, jangan hingga ini menjadi penghambat Anda. Oliver Kharraz dari Zocdoc memberikan bahwa pekerjaan yang dilakukan tanpa interupsi apapun akan melatih Anda untuk disiplin dan lebih produktif.

9. Jadikan to-do-list Anda selayaknya permainan

Siapa yang tidak suka bermain? Tentu hampir semua orang menyukainya. Bahkan seringkali kita berlomba-lomba menjadi yang paling cepat menamatkan sebuah permainan. Analogi inilah yang dikatakan oleh Jack Groetzinger dari SeatGeek harus dilakukan  untuk menambah produktivitas seorang entrepreneur.

10. Jangan menunda-nunda hal yang bisa Anda kerjakan dikala ini juga

Apa Anda masih suka menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya bisa Anda selesaikan hari ini juga? Kalau iya, saran dari Melissa Ben-Ishay dari Baked By Melissa ini wajib Anda biasakan. Jangan menunda-nunda hal yang bisa Anda kerjakan hari ini. Waktu sangat berharga. Sekali terlewat, tidak akan bisa Anda kembalikan. Jadi apa Anda sudah siap untuk jadi entrepreneur yang lebih produktif?

Tinggalkan komentar