10 Strategi Terbaik Sukses Berbisnis Di Usia Muda

Pernahkah Anda terbayang di usia yang masih sangat muda, Anda mampu meraih sukses ibarat para pengusaha yang sudah puluhan tahun bekerja? Anda mampu mempunyai bisnis sendiri, rumah, bahkan kendaraan dari hasil bisnis Anda.

Di usia yang masih sangat muda, biasanya sampaumur akan menggunakan waktu mereka untuk bersenang-senang, mencari jati diri, dan bahkan terus meningkatkan hubungan dengan sahabat baru mereka. Tidak jarang juga banyak hal negatif yang dihasilkan dari kegiatan yang mereka lakukan.

Tapi ternyata tidak semua sampaumur menjadi berperilak negatif di usia mereka yang masih sangatlah muda. Sebagian dari arif balig cukup nalar ini justru telah menikmati sukses dari hasil kerja kerasnya sendiri. Mulai dari berprestasi di bidang sekolah, lingkungan bahkan menjadi seorang pebisnis sukses.

Ya, kita tahu tidak semua orang bisa menjalankan bisnis dengan baik, tapi bukan artinya anak muda dihentikan menikmati dan mencoba hal gres di dunia bisnis. Toh, mereka cukup membanggakan dengan prestasi yang diciptakan.

Kini sudah banyak sekali para pebisnis muda yang sukses meraup untung berlipat dari produk yang dijualnya, mendapat investor bahkan memasarkan produk mereka hingga ke luar negeri. Mereka bisa membuktikan jikalau waktu muda mereka dipakai dengan sangat baik.

Tapi, apakah ada cara biar setiap bisnis yang dijalankan anak muda dapat berjalan bahkan bertahan? Sebab, anak muda memang dikenal mempunyai sifat yang mudah sekali bosan dan gampang tertarik dengan hal gres. Sedangkan bisnis bukanlah ditujukan untuk mereka yang bernyali kecil, mudah bosan dan tidak konsisten.

Tentu saja ada, ini beliau beberapa hal yang sanggup dijadikan wangsit atau pelajaran bagi para pengusaha muda.

1. Do what you love, love what you do

Cukup klasik tips yang satu ini, tapi sangat cocok untuk anak muda yang berjiwa bebas dan ingin mencoba banyak hal. Ketika kita sudah mulai menyukai 1 hal, dan berusaha menyelesaikannya, maka cintailah pekerjaan itu sampai benar-benar simpulan. Begitupun dengan apa yang menjadi passion atau kesukaan kita. Kita bisa mulai membuatkan itu menjadi sesuatu yang lebih berharga dan mempunyai kegunaan lagi.

2. Cari tahu apa yang Anda inginkan

Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang Anda inginkan ketika berniat memulai perjuangan atau bisnis. Dengan mencaritahu alasannya, dengan simpel Anda sanggup membayangkan ingin mirip apa bisnis Anda nantinya. Anda juga bisa mulai dengan mengatur pertanyaan-pertanyaan untuk menuntut Anda menemukan apa yang Anda inginkan bekerjsama.

3. Berpikirlah radikal

Saat usia meninggalkan angka belasan dan masuk ke angka 20an, pemikiran setiap orang masih dalam keadaan asli, segar dan penuh dengan energi. Itu sebabnya setiap anak muda ingin mencaritahu, mencoba dan melaksanakan apa saja yang ada di hadapan mereka. Maka cobalah untuk tidak merasa takut mencoba hal gres, dan melaksanakan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Ini sangat berkhasiat ketika Anda sedang berusaha menemukan apa yang ingin Anda capai dalam berbisnis.

4. Tapi tetaplah mengikuti hukum yang ada

Kebebasan membuat anak muda tidak ingin dibatasi, dikritik bahkan dikekang. Mereka seolah mempunyai pendapatnya sendiri, dan terkesan egois tidak mau mendengarkan orang lain. Tapi ketika Anda sudah berkomitmen menjadi seorang pengusaha muda, maka ini saatnya Anda disiplin dan mau mengikuti hukum yang ada. Seperti tepat waktu membayar pajak, mengikuti hukum sederhana dalam aturan dan manajemen lainnya.

5. Atur setiap waktu dengan baik

Menjalankan bisnis bisa jadi hampir sama ketika pergi ke sekolah. Harus sempurna waktu, sekalipun terasa sangat sulit, terutama berdiri di pagi hari. Tapi bagaimanapun menjalankan bisnis tidak bisa seenak kita sendiri. Waktu yang kita miliki harus mampu dimanfaatkan dengan sangat baik. Mulai dari mencari inspirasi bisnis, melakukan perbaikan terhadap kesalahan hingga dengan menyiapkan taktik pengembangan setiap harinya. Bahkan bisa jadi waktu yang Anda miliki untuk bersantai dan bermain dengan sobat-sobat sudah tidak ada lagi. Tapi dikala Anda sanggup mengatur waktu dengan baik, semua pekerjaan dan kehidupan pribadi bisa berjalan dengan baik.

6. Gunakan sumber daya yang ada

Ketika Anda masih menjadi mahasiswa atau bahkan siswa sekalipun, Anda bisa menggunakan sumber daya yang ada di sekitar Anda. Contohnya menggunakan kantin atau koperasi sekolah sebagai media untuk memamerkan produk yang kita miliki.

7. Carilah mentor

Siapapun orangnya, pebisnis yang sukses tidak mampu berdiri dan jalan sendirian. Mereka tentu membutuhkan sahabat dan bahkan mentor untuk menunjukkan setidaknya nasehat. Seorang mentor bisa didapatkan dari mana saja. Buku-buku bisnis, sobat, keluarga, guru bahkan para pedagang yang kita temui juga mampu menjadi mentor. Itu sebabnya Anda perlu menjumpai lebih dari 1 orang gres setiap harinya.

8. Gunakan sumber daya online untuk mengembangkan perjuangan Anda

Era teknologi dan modernisasi seperti kini ini sudah sangat erat dengan internet. Hampir setiap hari kita berhadapan dan menggunakan internet untuk acara sehari-hari. Mulai dari mencari info biasa hingga dengan mencari tugas sekolah. Inilah beruntungnya anak muda zaman kini, mengenal teknologi terbaru yang mampu membantu memudahkan usaha menjalankan bisnisnya.

9. Berikan libur untuk diri sendiri

Mendirikan bisnis memang akan menciptakan kita kehilangan kesenangan pribadi. Bahkan bisa sampai stress memikirkan bagaimana bisnis akan tetap hidup esok hari. Tapi jangan takut untuk melangkah ke luar dari zona Anda ketika ini. Tubuh Anda butuh suasana gres untuk bersantai. Anda juga butuh liburan untuk merefresh kembali otak sesudah lelah bekerja. Dan bahkan Anda butuh sejenak bersantai dan terlepas dari beban pekerjaan. Ambillah waktu itu!

10. Tingkatkan keahlian

Menjalankan bisnis bukan hanya membutuhkan 1 atau 2 keahlian saja. Banyak keahlian yang harus dikuasai oleh 1 badan. Anda harus mengakrabkan diri dengan bidang pekerjaan yang bahkan bukan diri Anda. Tapi mengasah keterampilan dan keahlian akan banyak membantu Anda dalam menjalankan bisnis di kemudian hari. Misalnya saja, mengasah keahlian dan keterampilan gres yaitu membuat video dan diunggah ke Youtube.

Bagaimana dengan 10 tips di atas? Apakah Anda ingin segera mulai mendirikan perjuangan di kala usia yang masih muda ini? Jika Anda berpikir Anda sudah terlambat, maka hapuslah pikiran itu dikala ini juga.

Tidak ada alasan untuk Anda tidak bisa berbisnis. Modal dan keahlian bukan lagi alasa, kini Anda bisa sukses menjadi pebisnis. Anda bisa mencar ilmu di banyak tempat untuk mendapatkan wangsit dan ilham bisnis Anda ini.

1

Datanglah ke acara Diskusitokoonline #5 yang akan segera diadakan di Kota Malang. Acara ini akan tuntas membahas bagaimana seorang pebisnis online mampu sukses mengembangkan bisnisnya sejak masih sangat muda hingga ketika ini?

Di acara ini juga akan membahas materi seputar internet marketing, terutama Youtube. Ini sangat cocok dengan media pemasaran yang sedang terkenal di Indonesia dan dikalangan pebisnis online di Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan Anda? 1 sumber ilmu akan Anda dapatkan sebentar lagi. Daftarkan diri Anda sekarang juga di halaman pendaftaran berikut ini. Karena kursi yang tersedia sangatlah terbatas, artinya Anda HARUS segera mendaftarkan diri. 🙂

Tinggalkan komentar