10 Kesalahan Yang Mungkin Anda Lakukan Di 10 Menit Pertama Kerja

Kembali lagi pada produktivitas dalam bekerja. Tidak semua pekerjaan yang kita miliki harus dikerjakan dalam 1 hari yang kita miliki. Ada kalanya kita mengerjakan sesuatu tapi tidak selesai dalam 1 hari kerja. Hal itu bisa jadi lantaran kita tidak produktif dan efektif dalam mempergunakan waktu kerja normal kita. Salah satu hal atau kesalahan yang biasanya membuat kita tidak produktif di kantor ialah tiba terlambat.

Tapi lebih dari itu, cobalah untuk menghindari 10 kesalahan yang mungkin akan Anda lakukan di 10 menit pertama hari kerja Anda. Seperti…..

1. Usahakan untuk tidak terlambat

Sebuah study yang dikutip dari Huffington Post gres-gres ini menemukan bahwa seorang pemimpin cenderung melihat karyawan yang mempunyai performa baik dan menyampaikan penghargaan kepada mereka, salah satunya karena mereka tiba tepat waktu dan bahkan tidak pernah terlambat. Datang ke kantor tepat waktu akan menciptakan Anda mempunyai banyak waktu untuk merampungkan pekerjaan Anda. Bahkan bisa mengerjakan hal yang lainnya.

2. Tidak menyapa rekan kerja

Menyapa rekan kerja dikala datang ke kantor memang harus kita lakukan. Selain untuk menambah keakraban, menyapa rekan kerja akan menjadikan kita pribadi yang gampang diterima oleh siapapun. Siapapun Anda, apapun posisi Anda di kantor, jangan ragu untuk menyapa setiap rekan kerja Anda. Luangkan waktu setidaknya 10 menit sehari untuk sekedar menyapa dan menanyakan kabar mereka hari ini.

3. Minum kopi

Jika Anda bukanlah orang yang mempunyai kebiasaan meminum kopi di pagi hari, mungkin Anda akan menikmati secangkir kopi ketika Anda sudah berada di kantor. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa waktu teraik untuk minum kopi yakni setelah pukul 09.30. Hal ini disebabkan karena hormon stres kortisol, yang mengatur energi, umumnya naik dan mencapai puncaknya pada jam 08.00 – 09.00. Dan dikala Anda minum kopi selama waktu itu, tubuh mulai memproduksi hormon kortisol lebih sedikit dan lebih bergantung pada kafein. Setelah kadar kortisol Anda mulai menurun sehabis jam 09.30, Anda mungkin benar0benar membutuhkan dorongan kafein.

4. Menjawab semua email di inbox

Menurut Michael Kerr, seorang pembicara bisnis internasional dan penulis “You Can’t Be Serious! Putting Humor to Work” 10 menit pertama di hari kerja harus dimanfaatkan dengan cepat untuk memindai dan memprioritaskan email. Dengan cara itu Anda sanggup melihat apaka ada sesuatu yang mendesak dan menciptakan rencana untuk menjawab sisa email nantinya.

“Memeriksa email sanggup menjadi salah satu peran yang membuat Anda merasa sudah melaksanakan banyak hal, dimana bahayanya yaitu Anda tidak membuat prioritas terhadap tindakan dan membiarkan orang mengatur acara Anda” Kata Kerr Business Insider

5. Mengerjakan peran tanpa acara

Sebelum Anda bekerja keras, Taylor menyarankan Anda untuk mempunyai pandangan baru dan menuliskan setiap kiprah berdasarkan urutan prioritas tugas tersebut. Anda pun juga harus bisa menyesuaikan kalender dengan kiprah yang sedang Anda kerjakan. Banyak atau sedikit peran yang Anda kerjakan, pastikan Anda sudah mempunyai acara yang pas untuk menyelesaikan kiprah-kiprah itu di satu hari kerja. Jadwal ini akan memandu Anda menyelesaikan kiprah yang sudah menumpuk dan menanti untuk diselesaikan tepat waktu.

6. Melakukan peran termudah dahulu

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa energi dan kemauan kita cenderung akan memuncak pada awal hari. Itulah mengapa hal ini penting membuat kita untuk bisa segera mengerjakan peran sesegera mungkin.

7. Multitasking

Jangan karena Anda mempunyai begitu banyak energi di pagi hari, Anda akan melaksanakan banyak tugas sekaligus dan memaksakan diri untuk multitasking. Bahkan penelitian penunjukkan bahwa multitasking dapat merusak kinerja Anda pada kiprah utama Anda, dan yang lebih baik ialah mengerjakan 1 kiprah dalam 1 waktu. Sebaiknya Anda tetap fokus pada 1 peran di 10 menit utama hari Anda.

8. Berpikir negatif

Mungkin Anda akan mengalami stres dikala berangkat ke kantor, mulai dari macet, terlambat dan sebagainya. Hal ini mungkin akan membawa dampak jelek bagi kinerja Anda hari itu. Jangan biarkan pengalaman mengalihkan perhatian Anda dari kiprah yang perlu untuk Anda lakukan saat ini. Taylor menunjukkan bahwa Anda bisa berpikiran nyata untuk setiap pekerjaan yang Anda miliki.

9. Meeting

Melakukan meeting di pagi hari bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan waktu kita banyak terbuang. Menurut Laura Vanderkam yang juga seorang penulis “Apa yang paling suka dilakukan oleh orang sukses sebelum sarapan”, maka jawabannya ialah setiap pagi harus disediakan untuk tugas yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang cukup, menyerupai menulis.

10. Tidak mengikuti jadwal

Para ilmuwan mengatakan bahwa sumber kognitif manusia yang terbatas, itu artinya kita harus bisa menggunakannya dengan bijaksana. Jika Anda menghabiskan waktu di awal hari dengan tidak mengecek email, meminum kopi atau bahwa melakukan meeting, maka Anda akan memiliki energi yang banyak tersisa untuk duduk dan menyelesaikan pekerjaan Anda yang lain. Melakukan hal ini dengan rutin akan membuat otak kita secara otomatis melakukannya terus menerus, sehingga kita hampir tidak menggunakan energi mental kita. Seperti yang dikatakan oleh Charles Duhigg yang mengatakan “The Power of Habit”. Sedangkan kata The Chicago Tribune “rutinitas pada dasarnya memperlihatkan kita kebebasan mental untuk berpikir ihwal apa yang sebenanrnya penting. Dengan begitu kita tidak perlu berpikir tentang semua aspek duniawi dari kehidupan kita”

Nah, sudah ketemu kan apa yang membuat hari Anda tidak produktif? Bisa jadi waktu yang Anda miliki untuk bekerja setiap harinya tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Anda pun harus bisa memastikan bahwa apapun yang Anda miliki sanggup membantu dan mendorong Anda untuk merampungkan semua peran dengan baik dan tentu saja sempurna waktu. 🙂

Tinggalkan komentar