10 Jenis Keterampilan Komunikasi Yang Harus Dikuasai Setiap Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha tentu harus memiliki meningkatkan banyak keterampilan di aneka macam bidang. Bukan hanya membuat ide, merumuskan planning dan menjalankan proses bisnis, tapi yang tidak kalah pentingnya yakni keterampilan dalam berkomunikasi. Bukan hanya secara verbal tapi juga komunikasi lainnya mirip tertulis.

Sebab sebagai pengusaha, kita akan bertemu dengan banyak orang, banyak pelanggan, banyak korelasi bisnis yang akan berkomunikasi dengan kita. Kita harus bekerja keras semoga gampang memahami apa yang dimaksudkan mereka. Dan kita pun harus bisa menunjukkan apa yang kita inginkan.

Nah, berikut ini yaitu 10 keterampilan komunikasi yang harus dikuasai oleh pengusaha.

1. Komunikasi ekspresi

Tidak ada percakapan yang sempurna tanpa adanya percakapan secara lisan. Percakapan lisan memang menjadi komunikasi yang sangat sederhana. Paling mudah untuk menyampaikan dan mengerti maksud dari lawan bicara kita. Kita harus tahu tata cara berkomunikasi yang baik sesuai dengan situasi, kondisi dan bahkan lawan bicara kita. Kita bisa mencari cara komunikasi yang efektif dengan pelanggan kita, seperti yang ada di dalam artikel berikut ini.

2. Body Language

Komunikasi bukan hanya terjadi secara verbal, tapi juga ada jenis komunikasi nonverbal, seperti body language. Menguasai presentasi body language adalah sebuah keharusan. Dalam situasi apapun, postur tubuh saat duduk ataupun berdiri tegak. Anda juga bisa melihat bagaimana seseorang itu dari mata mereka. Bagaimana mereka gelisah, tenang dan nyaman dengan kita. Anda bisa membaca artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana body language yang tepat dikala kita berkomunikasi.

3. Komunikasi tertulis

Menulis, siapa bilang pengusaha sukses tidak harus pandai dalam hal tulis menulis? Selagi menjadi seorang pelaku di bidang bisnis, konten marketing berupa tulisan yang menghipnotis pembaca pun harus kita kuasai. Kita harus tahu dan menguasai keterampilan menulis banyak konten marketing, mulai dari email pemasaran, landing page, blog sampai dengan website. Anda bisa melihat berbagai tips goresan pena yang mensugesti pelanggan Anda supaya mau membeli produk Anda di masa depan.

4. Presentasi

Sebagai pengusaha Anda tentu akan melakukan banyak persentasi baik kepada pelanggan maupun investor bisnis. Melalui slide Anda akan menyampaikan apa maksud dan tujuan Anda berbicara. Melalui slide juga akan ada tulisan dan konten visual yang akan Anda tampilkan dan tunjukkan kepada mereka. Melalui Slide Anda harus bisa menyampaikan maksud secara tepat dan membuat mereka tertarik untuk terus mendengarkan Anda persentasi. Anda bisa belajar tips public speaking untuk persentasi Anda di artikel berikut ini.

5. Negosiasi

Tidak ada bisnis yang tidak melalui proses perundingan. Sebab hampir semua bisnis akan melaksanakan acara ini. Dengan perundingan Anda tentu bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan tanpa membuat Anda rugi, bahkan justru akan membuat Anda untung. Dengan cara yang efektif, mulai dari memakai kata yang tepat, memanfaatkan waktu yang Anda miliki dan memakai pengetahuan Anda perihal fakta-fakta yang ada dikala ini, akan menambah tingkat kepercayaan diri Anda selama proses perundingan berlangsung.

6. Mediasi

Tidak jarang ketika kita menjadi pengusaha, tugas kta sebagai perantara akan berkurang. Sebab kita lebih diharapkan sebagai seorang converse. Misalnya ketika Anda berada diantara teman yang berdebat pendapat, ataupun sedang berada di antara 2 vendor yang tengah bersaing. Kita harus mempunyai kemampuan sebagai perantara dan membantu kedua belah pihak keluar dari persoalan mereka.

7. Debat

Kita tahu, dalam bisnis ketika ini tidak ada komunikasi yang tidak melibatkan kemampuan berdebat. Ini bisa menjadi diskusi yang sehat bila kedua belah pihak tidak menjalankan peraturan debat dengan baik. Tugas kita dalam debat bukan untuk memihak satu diantara keduanya, tapi untuk memahami kasus dan mendengarkan setiap opini ang terperinci. Entah dengan investor, mitra atau bahkan karyawan. Kita mampu membantu mereka menjelaskan ide dengan keterampilan yang kita miliki.

8. Kepemimpinan

Tanggungjawab Anda sebagai seorang pemimpin harus Anda lengkapi dengan keterampilan berkomunikasi layaknya seorang pemimpin. Anda harus bisa menanamkan keyakinan dan kepercayaan serta semangat di dalam tim Anda. Bukan hanya sekedar mengemban tanggungjawab atas tim dan pekerjaan, tapi juga harus bisa menginspirasi orang melalui pesan baik yang Anda sampaikan setiap harinya. Dan jika Anda berada dalam suatu organisasi, Anda pun perlu menguasai beberapa teknik komunikasi, seperti yang dijelaskan di dalam artikel ini.

9. Cross Platforming

Komunikasi yang ada dikala ini jauh lebih luas dari yang sudah ada. Seperti panggilan telpon, SMS, email, video chatting, pesan instan dan lain sebagainya. Bagaimanapun kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang ada. Berkomunikasi di banyak media atau cross platform tentu membuat kita harus pintar-pandai dan mengatur arah komunikasi kita. Sebab tidak jarang komunikasi melalui telepon, SMS atau pesan instan lainnya akan membuat persepsi yang berbeda-beda dari yang mengatakan dan yang menerimanya.

10. Mendengarkan

Yang terakhir ialah keterampilan komunikasi dari arah yang sebaliknya, yaitu mendengarkan. Sebab komunikasi bukan hanya sekedar kita yang berbicara, tapi juga kita yang menjadi seorang pendengar. Mendengar menjadi keterampilan komunikasi yang paling penting dari semuanya. Mendengarkan secara aktif sanggup membantu kita efektif dalam komunikasi, debat, persentasi dan lain sebagainya. Kita akan tampak lebih bijaksana, berempati dan membuat orang mau mendengarkan kita ketika kita berbicara nantinya.

Bagaimana memulai usaha dari 0 hingga

Nah, setidaknya 10 keteramilan komunikasi inilah yang harus dikuasai oleh para pengusaha. Sebab sebagai pengusaha kita akan berhadap bukan hanya dengan karyawan, tapi juga dengan relasi, klien bahkan investor. Jika kita memang menjadi seorang yang pendiam atau cenderung introvert, tapi kita tidak boleh menutup diri untu mengembangkan keterampilan komunikasi kita. Berlatih berkomunikasi dengan banyak pengusaha sukses adalah cara yang bisa kita lakukan. Berkumpul dengan para pelaku dunia bisnis, berbagi pengalaman, sharing ide dan lain sebagainya. Mengasah komunikasi semoga lebih baik ketika berhadapan dengan klien atau investor nantinya.

Tinggalkan komentar