10 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Karyawan, Sebelum Memutuskan Untuk Resign

Inspirasi bisnis sampingan bisa kau dapatkan dari mana saja. Bisa alasannya lihat sahabat yang sukses dengan bisnis sampingannya, bisa karena tawaran orang bacin tanah atau keluarga, atau bisa juga lantaran hobi kau yang bisa berpeluang mendatangkan rezeki.

Sebenarnya, ada banyak bisnis sampingan yang bisa kau lakukan, terlebih bila gaji sebagai karyawan dirasa sangat kurang. Sayangnya, tidak banyak orang yang melakukannya dikarenakan modal yang kurang. Perlu diketahui, tidak semua bisnis membutuhkan modal besar sehingga membutuhkan dukungan dari bank. Dengan memakai sistem pinjam bank ini, kalau kau tidak bisa mengelola bisnis justru akan membuat kau pusing membayar cicilan.

Untung saja, saat ini banyak bisnis yang tidak membutuhkan modal banyak. Hanya dengan uang kurang dari 10 juta, kamu sudah bisa membuka bisnis sampingan yang penghasilannya bisa melebihi honor kau. Tidak percaya? Coba praktikkan bisnis-bisnis berikut ini.

 

1. Bisnis Laundry

Peluang untuk bisnis laundry sangatlah luas. Terlebih, saat ini banyak orang yang ingin serba praktis. Untuk mencuci sendiri, apalagi menyeterika, sudah tidak ada waktu lagi. Akhirnya, jasa laundry menjadi rujukan impian. Oleh lantaran itu, kau bisa memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis sampingan. Namun, sebelum memulai, kamu perlu menentukan kawasan yang potensial, seperti sekitar kampus atau sekitar pegawai kantoran.

Untuk membuka bisnis ini, kamu cukup menyediakan modal 7,5 juta. Setengah dari modal digunakan untuk membeli mesin cuci dan pengering, sedangkan setengah yang lain untuk membeli alat pendukung, menyerupai timbangan seterika, bantalan, pewangi, detergen, pelembut, plastik, dan honor karyawan. Perkiraan keuntungan yang bisa kau dapatkan sekitar 20% (asumsi 1 kg seharga Rp5.000,00).

 

2. Bisnis Jual Pulsa Elektrik

Saat ini, handphone sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Tidak ada orang yang tidak mempunyai handphone. Dan, salah satu kebutuhan yang pasti diperlukan oleh para pengguna handphone yakni pulsa. Oleh alasannya yakni itu, peluang untuk bisnis penjualan pulsa elektrik terperinci sangat besar. Terlebih bila Kamu bisa menjualnya secara mobile; di mana pun kau berada bisa melakukan transaksi. Ini terperinci menguntungkan karena tidak akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Teman-sobat atau tetangga di sekitarmu pun bisa menjadi konsumen tetapmu.

Hanya dengan modal sekitar 1–3 juta, kau sudah bisa memulai bisnis ini. Memang, laba setiap transaksi tidaklah besar; antara Rp500,00 hingga Rp1.500. Namun, bila dalam satu hari saja kau sanggup melaksanakan transaksi 50 kali, sudah mampu dihitung keuntunganmu dalam sehari, bukan?

 

3. Bisnis Membuat Blog

Saat ini, pengguna internet semakin banyak. Fakta ini bisa kamu gunakan sebagai peluang untuk mendapat laba, salah satunya dengan membuat blog. Awalnya, ngeblog hanyalah daerah penyaluran hobi seseorang yang bahagia menulis. Namun, usang-kelamaan, hobi ini bisa juga digunakan sebagai bisnis sampingan.

Hanya dengan modal 1 juta yang dipakai untuk membayar domain dan hosting, Kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Setelah mempunyai blog, isilah dengan artikel-artikel menarik sehingga membuat banyak orang mengunjungi blogmu. Jika blog kau banyak dikunjungi, akan banyak penawaran iklan yang masuk. Dari iklan inilah kau akan mendapat penghasilan. Cukup menarik, bukan?

 

4. Bisnis Toko Online

Setali tiga uang dengan menciptakan blog, bisnis membuka toko online ini juga memanfaatkan kecanggihan internet. Kebiasaan orang berbelanja di toko offline seperti yang dahulu, sekarang mulai bergeser ke toko online. Orang lebih senang membeli barang secara online dikarenakan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga maupun waktu. Peluang ini dilarang kau sia-siakan. Bukalah toko online yang menyediakan barang yang banyak dibutuhkan orang, semisal pakaian.

Kamu tinggal memasang foto sekaligus harga di internet, maka pembeli pun berdatangan. Mereka akan memilih barang yang kamu jual, bernegosiasi, dan jadinya melaksanakan pembelian dengan mengirim uang. Tugas kau selanjutnya yaitu mengirim barang yang sudah konsumen pesan dan bayar. Praktis, bukan? Modal yang kau sediakan di sini sangat tergantung dari barang yang dijual. Kamu bisa saja tidak mengeluarkan modal kalau menunjukkan barang milik orang lain.

 

5. Bisnis Jasa Desain Grafis

Jika kau mempunyai keahlian di bidang desain grafis, jangan sia-siakan keahlian tersebut; manfaatkanlah sebagai modal untuk berbisnis. Saat ini, banyak pihak yang membutuhkan jasa desain grafis. Kamu tinggal mengiklankannya di media umum, baik melalui facebook, Whatsapp, Instagram, blog, atau media sosial yang lain. Untuk modal, kamu hanya perlu menyediakan untuk layanan internet saja. Sangat menguntungkan, bukan?

 

6. Bisnis Jasa Les Privat

Ini ia bisnis sampingan yang menjanjikan. Sebab, peluangnya besar, namun tidak banyak yang menggunakannya alasannya membutuhkan keahlian tertentu. Bagi kau yang mempunyai intelektual di bidang pelajaran, bisa digunakan untuk membuka bisnis berguru khusus. Sebut saja, matematika, fisika, bahasa Inggris, musik, dan sebagainya. Secara material, kau hanya mengeluarkan modal sekitar 1,5 juta untuk membeli papan tulis, spidol, kertas, buku panduan, dan alat tulis yang lain. Bahkan, modal ini bisa ditekan jikalau kau mengatakan mencar ilmu khusus di rumah akseptor didik.

 

7. Bisnis Jasa Penerjemah

Bagi kau yang mahir suatu bahasa, gunakanlah sebagai modal untuk membuka bisnis penerjemah. Keahlian menyerupai ini tidak banyak orang yang memilikinya, sehingga peluang yang bisa kau raih sangat besar. Dalam bisnis ini, kau cukup menyediakan modal sekitar 5 juta untuk membeli laptop, mesin cetak, dan biaya internet. Bisnis ini tidak banyak menyita waktu, namun bisa memberi hasil yang lumayan.

 

8. Bisnis Jasa Pengetikan

Tidak beda jauh dengan jasa penerjemah, jasa pengetikan bisa kau jadikan sebagai bisnis jika kau mempunyai kemampuan untuk mengetik secara cepat. Selain itu, kemampuan mengoperasikan word dengan baik juga menunjang bisnis ini. Untuk modal, kau hanya perlu mengeluarkan uang untuk listrik saja. Pangsa pasar yang bisa kau tuju ialah siswa atau mahasiswa yang sering mendapatkan kiprah berbentuk laporan. Dalam hal ini, kau bisa menawarkan harga mahasiswa, contohnya Rp2.000,00 per halaman.

 

9. Bisnis Menjual Aneka Kue

Bagi kamu yang hobi dan cerdik membuat makanan ringan manis, gunakan keahlian ini untuk meraup keuntungan. Bukalah bisnis penjualan masakan ringan anggun hasil kreasi kamu. Modal yang perlu kau keluarkan hanya untuk membeli materi-bahan saja, yang tentu tidak akan mahal. Sementara, harga jual sehabis menjadi makanan ringan manis, bisa jauh lebih tinggi. Apalagi jikalau kau sanggup mengreasikan bentuk maupun rasa dari kudapan manis tersebut, yang tidak semua orang bisa membuatnya. Tentu akan menjadi top.

 

10. Bisnis Makelar Properti

Ini bisnis yang juga tidak membutuhkan modal. Kamu hanya perlu rajin mencari dagangan berupa tanah atau rumah, kemudian mencari pembelinya. Jika cocok, untung berlipat ganda bisa kau dapatkan, alasannya yakni mendapat fee dari pembeli maupun penjual sekitar 5 persen dari harga jual.

Bisnis-bisnis di atas bisa memberikan penghasilan besar asalkan kamu benar-benar menekuninya. Meskipun ini bisnis sampingan, kamu tetap bisa fokus untuk mengerjakannya sepulang kerja. Uraian di atas bisa kamu jadikan sebagai ide bisnis sampingan.

Tinggalkan komentar