10 Hal Ini Yang Akan Membantu Meningkatkan Penjualan

Siapa yang tidak ingin jikalau perusahaan atau bisnis yang dijalankan mendapat respon besar dari masyarakat. Selalu dicari, dinanti dan dibutuhkan oleh setiap kalangan. Sekalipun ini tergantung dari sasaran yang kita buat, tapi setiap pebisnis tentu ingin selalu meningkatkan penjualan dalam banyak sekali sisi. Ada banyak cara meningkatkan penjualan, baik dari produk, pelayanan, email penawaran, atau dari kata – kata dalam iklan. Nah, tapi pundak-membahu apa saja sih yang pebisnis itu butuhkan agar bisa meningkatkan penjualan dengan lebih gampang:

1. Fokus pada Visi dan Misi

Jika ingin mencapai sasaran, maka jangan lupakan Visi dan Misi perusahaan Anda. Setiap bisnis tentu mempunyai Visi dan Misi, alasannya yaitu inilah yang akan menjadi panduan dan penuntun kita dalam melakukan kegiatan. Diharapkan semua orang dalam perusahaan mengerti apa dan bagaimana visi dan misi yang perusahaan itu miliki. Tujuannya biar setiap orang tahu apa yang harus mereka capai dan mereka lakukan. Fokus pada visi dan misi akan memudahkan kita dalam berkembang.

2. Konsisten memasarkan merek

Ketika Anda berorientasi pada sebuah laba bisnis, merek yaitu salah satu yang tidak bisa Anda tinggalkan. Setiap produksi yang dilakukan tentu akan mencantumkan merek. Setiap distribusi barang tentu akan membawa logo dan nama merek produk. Bahkan disetiap atribut perusahaan baik seragam, kendaraan atau ruangan akan banyak menggunakan logo atau merek perusahaan. Ini beberapa pola dari konsistensi kita dalam memasarkan merek. Kita tidak hanya mencantumkan merek di dalam website atau toko online saja, tapi dimanapun kita sanggup membawa merek biar lebih dikenal oleh pasar.

Baca juga: [8 Cara Membuat Merek Booming Dipasaran]

3. Dekat dengan setiap karyawan

Menjalankan bisnis dan berusaha mencapai keuntungan bukan hanya kerja 1 orang saja. Tidak akan memiliki kegunaan dikala kita hanya bekerja sendiri. Kita akan membutuhkan banyak pertolongan dari karyawan. Untuk itu, dibutuhkan setiap pemilik bisnis bisa dekat dan dekat dengan karyawan. Tidak ada perselisihan bahkan pemilik bisnis harus menganggap karyawan sebagai sahabat atau saudara mereka sendiri. Ini bertujuan semoga memberi kenyamanan pada karyawan dikala mereka bekerja dan membantu kita.

Baca juga: [5 Cara Menghindari Miscommunication dengan Karyawan]

4. Merangkul seluruh pelanggan

Selain karyawan, kita juga harus menaruh perhatian terhadap kebahagiaan pelanggan yang membelanjakan uangnya pada bisnis kita. Pelanggan yaitu nyawa pada bisnis kita. Kita harus merangkul dan membuat mereka mau kembali lagi kepada kita. Ajak mereka untuk aktif dalam aktifitas atau acara yang bisnis Anda adakan. Buat mereka sebagai pelanggan yang loyal terhadap bisnis kita. Anggap pelanggan yakni sobat Anda, jadi Anda akan berusaha mencari tahu apa yang mereka suka, inginkan, dan butuhkan.

Baca juga: [Berkolaborasi Bersama Pelanggan itu Penting]

5. Memilih partner yang baik

Tanpa partner sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan lancar. Sebuah bisnis yang ingin meningkatkan penjualan harus pintar – pintar mencari partner yang tepat. Baik dari penyedia website perusahaan kita, konveksi tempat kita membuat pakaian yang akan dijual, vendor yang membantu menyediakan souvenir bagi pelanggan kita, dan lain sebagainya. Sedikit sulit, karena ada banyak pilihan yang menawarkan layanan baik, hasil memuaskan bahkan harga murah. Tapi kita bisa meminta rekomendasi teman atau karyawan bahkan pelanggan untuk menemukan partner yang cocok untuk bisnis.

6. Terus berkolaborasi

Era kerja sama menyerupai ketika ini sangat sulit ketika kita hanya menjalankan bisnis seorang diri. Berkolaborasi dengan sesama pemilik bisnis akan membuat kita simpel jika harus meminta pemberian. Kolaborasi ini juga harus menguntungkan kedua belah pihak, baik dari tingkat pelanggan, hingga peningkatan keuntungan. Semuanya harus sama – sama saling menguntungkan. Pilih partner kerja sama yang cocok untuk bisnis yang Anda dirikan.

7. Ikut banyak dalam komunitas

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda harus memiliki banyak koneksi. Salah satu yang bisa membantu kita mendapatkan banyak koneksi bisnis adalah masuk ke dalam komunitas. Saat ini sangat banyak komunitas yang disediakan untuk para pebisnis, seolah-olah GBG(Google Business Group) Indonesia, TDA(Tangan Di Atas), dan lain sebagainya. Anda hanya tinggal memilih untuk mengutamakan yang mana. Dalam komunitas ini Anda akan mendapat banyak sahabat baru, pelanggan gres bahkan partner bisnis gres. Ketika Anda sudah loyal di dalam komunitas itu, bukan hanya Anda yang dikenal tapi juga bisnis dan tentu saja akan terus dicari.

8. Terus berinovasi

Pemilik bisnis tidak boleh putus berinovasi. Zaman terus berkembang, teknologi semakin meninggalkan dunia peradaban dan bahkan kita akan menghadapi persaingan ekonomi tingkat ASEAN. Ini membuat setiap bisnis baik kecil/UKM maupun yang sudah profesional harus selalu berinovasi. Menemukan ilham dan berani mewujudkan wangsit tersebut. Gagal ataupun berhasil bukan ukuran dari berhentinya seseorang berinovasi. Pebisnis harus tahu apa yang akan ia ciptakan sebelum orang lain menerka – ngira.

9. Terus melaksanakan perbaikan dari berbagai sisi

Setelah melaksanakan banyak hal jangan lupa untuk mengevaluasi semuanya. Tuliskan apa saja yang berhasil dicapai dan apa saja yang belum berhasil. Gunakan beberapa periode tertentu untuk membantu pengukuran keberhasilan langkah yang dilakukan. Lakukan evaluasi dengan karyawan Anda juga. Anda juga sanggup meminta feedback dari pelanggan. Dapatkan berita dan data dari mereka wacana apa yang mereka harapkan kedepannya untuk bisnis Anda. Ini akan membantu Anda menciptakan inovasi yang dicari – cari pelanggan.

10. Belajar, mencar ilmu dan berguru!

Tidak ada waktu yang terbuang sia – sia dikala kita sedang mencar ilmu. Terlebih untuk pebisnis. Kapanpun, dimanapun, dari siapapun kita bisa berguru. Bukan hanya tentang penciptaan produk yang akan dijual, tapi juga ihwal bagaimana membuat pelanggan mau kembali kepada kita. Belajar juga tidak terbatas harus melalui media apapun. Pebisnis harus terbuka atas segala informasi, kalau sanggup mereka harus lebih tahu sebelum karyawan atau bahkan pelanggan tahu. Itu akan membuat Anda memiliki keunggulan tersendiri dalam penciptaan bisnis yang sukses.

Selamat mencoba 🙂

Baca juga:

6 Cara Kecil Ini Dapat Meningkatkan Penjualan Anda

7 Trik Meningkatkan Penjualan Melalui Newsletter

10 Langkah Meningkatkan Konversi Penjualan Toko Online Anda

Tinggalkan komentar