10 Cara Cerdas Menjadi Lebih Inovatif Di Tempat Kerja

Sebelum mulai menciptakan ide brilian di hari ini, Anda bisa mulai merenungkan apa yang akan Anda lakukan hari ini. Menciptakan ide atau penemuan biasanya berawal dari keinginan kita untuk menghasilkan sesuatu yang lebih dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali kita merasa bahwa kita tidak bisa lebih kreatif dari sebelumnya dan dari orang lain, ini lantaran yaitu adanya faktor yang berasal dari luar diri kita sendiri. Seperti saat sebuah perusahaan yang mungkin tidak ingin mengambil banyak resiko, bermain kondusif dan sudah merasa PAS dengan target yang sedang ingin dicapainya. Bisa jadi juga alasannya ialah yakni to do list yang sudah terbentuk tidak ingin ditambahkan sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara ini kemungkinan tersebut memang benar. Namun sejalan dengan itu, ada banyak tips dan trik yang sanggup diterapkan semoga kita bisa terus berinovasi tanpa batas. Seperti apa saja caranya?

1. Lakukan brainstorming sebelum mulai bekerja

Tanpa bermaksud untuk membuang-buang waktu, gunakan 30 menit pertama di setiap hari untuk berkumpul bersama anggota tim. Lakukan brainstorming sederhana untuk pekerjaan hari ini dan menciptakan ide-ide gres. Saling memotivasi juga dapat membuat kita ingin terus berinovasi dalam hal apapun.

2. Masuklah ke dalam suasana kerja yang terus membuat wangsit

Sedikit bermasalah memang dikala kita berada di lingkungan yang tidak mempunyai cita-cita untuk berkembang. Selalu merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan telah diraih. Namun ide akan terus muncul ketika Anda berada dalam satu tim yang ingin terus berkembang. Selain itu harus ada salah satu dari tim yang memprovokasi semua anggota untuk terus berinovasi dan menciptakan ide gres untuk setiap pekerjaan. Akan lebih menyenangkan lagi saat ketua tim atau atasan memiliki sikap terbuka dalam segala yang kita utarakan.

3. Miliki rekanan yang juga menginspirasi

Selain tim, cobalah untuk mempunyai sobat atau rekan kerja yang juga menginspirasi. Bukan hanya sekedar nyaman dan menyenangkan, tapi juga terus bersemangat membuat ide, dan saling bertanggungjawab. Milikilah sahabat yang terus mendorong untuk mencoba hal-hal baru.

4. Kerjakan proyek-proyek kecil

Kita semua pasti pernah berpikir, bahwa ide harus selalu besar dan bisa membuat sesuatu yang luar baisa. Tapi sekali lagi, siapapun berhak mengutarakan ide atau penemuan mereka, sekecil dan sesederhana apapun itu. Mereka tidak perlu berpikir terlalu rumit untuk membuat ide. Tanpa banyak kata, sebuah ide akan benar-benar besar ketika dilaksanakan bukan? Cobalah untuk mengerjakan proyek kecil dengan ide yang sederhana terlebih dulu. Dari hal ini, kita dapat mulai mengubah banyak hal kecil menjadi lebih besar.

5. Lakukan evaluasi terhadap diri sendiri

Seringkali kita merasa simpel dikala mengerjakan suatu hal dengan mata tertutup sekalipun. Inilah yang membuat kita terlihat lebih unggul dalam pekerjaan daripada yang lainnya. Tapi hal ini juga yang membuat kita malas untuk mencoba dan melaksanakan hal yang gres. Dari sini cobalah untuk mengevaluasi setiap yang kita kerjakan. Sesederhana apapun itu cobalah cari apa kelemahan dan kekurangan yang bisa digenapkan setelah itu.

6. Aplikasikan dalam kehidupan

Berhentilah berbicara ide ini dan itu, segera saja aplikasikan dalam tindakan. Ketika seseorang melihat ide kita, sekecil apapun itu akan jauh lebih baik daripada mereka mendengar ide kita yang hanya terlihat besar. Pembuktian membuat kita lebih dipercaya dan bertanggungjawab terhadap apa yang kita utarakan.

7. Gunakan parameter untuk mengukur

Berjalan dan terus menjalankan ide tidak akan ada artinya dikala kita tidak tahu apakah itu lebih efektif daripada sebelumnya. Sekalipun terdengar berhasil, apakah jauh lebih dari yang pernah dikerjakan? Jika kita sendiri tidak tahu, boleh jadi kita membutuhkan parameter untuk mengukur keberhasilan ide atau penemuan yang telah kita lakukan. Dengan begitu kita dipaksa untuk bekerja lebih dinamis dan kreatif.

8. Tidak ada salahnya mencari ilham di luar kantor

Ini memang benar. Sebab wangsit terkadang berasal dari apa yang tidak dekat dengan kita. Berada di luar kantor dikala jam istirahat bisa membantu kita merefresh kembali otak dan menemukan ide gres untuk pekerjaan kita. Terkadang dikala kita berangkat ke kantor, pulang kantor atau sedang tugas di luar kantor, inspirasi atau ide gres akan muncul di kepala kita.

9. Temukan bahan bakar untuk memacu kreativitas diri kita

Tanpa kita sadari hal pertama yang kita lakukan di pagi ialah menyidik telepon. Sehingga email menjadi hal yang paling banyak menyapa pagi hari kita. Jika ini yang terus kita lakukan, bisa jadi ide kita hanya sebatas itu-itu saja. Cobalah cari atau kerjakan hal yang berbeda dari biasanya. Seperti mencari jalan yang berbeda untuk pergi ke kantor, memilih lagu favorit, membaca blog ataupun hal yang lainnya. Ini akan mengatakan kita peluang untuk berimajinasi lebih banyak dan membuat ide gres yang lebih banyak lagi.

10. Tanyakan pada diri sendiri “Apakah yang dilakukan sudah memecahkan problem”

Apapun yang kita lakukan, pastikan itu ialah balasan dan kunci dari problem yang sedang terjadi. Benar, tepat, ataupun sempurna hanyalah ukuran. Yang terpenting yakni menjadi solusi atau pemecah dari dilema yang dihadapi. Tanyakan kepada diri sendiri ihwal seberapa berpengaruh ide kreatif yang kita miliki dan kita lakukan.

Trik seperti ini memang terlihat sepele, tapi jika kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan pekerjaan kita, bisa jadi kita mudah untuk berinovasi dan lebih kreatif lagi. Tanpa kita sadari invoasi adalah semua kesempatan yang kita lihat dan kita lakukan, dimana orang lain tidak ada yang bisa. Semakin kita berlatih, semakin mudah untuk mencapai tujuan kita. Bukankah begitu

Tinggalkan komentar